Ini Bentuk Perlawanan Pihak Media Diduga Surat Mendiskreditkan Keberatan Oknum Ustad AS Melalui Kuasa Hukumnya

Laporan : Redaksi

Sabtu, 01 Mei 2021

Kilas Bengkulu, Utara – Berawal adanya laporan oknum ustad AS Terkait adanya dugaan perampasan atau pemerasan yang dilakukan oleh CDK dan ayahnya UJ, ke pihak APH beberapa waktu lalu, dan sempat dibantah oleh CDK melalui video serta hak jawab pengacaranya. Sehingga diterbitkan media ini melalui Investigasi, mulai sekitar tanggal (21/04), dengan beberapa sumber serta judul pemberitaan. Mendapat perlawanan dari oknum Ustad AS dengan menggandeng beberapa pengacara Kantor Hukum Nuroni dan Partner, melalui surat kuasa tertanggal 26 April 2021, dengan cara mengirimkan surat Somasi pada tanggal (29/04), yang terkesan dinilai mencoba untuk Mendiskreditkan Pers atau media ini, dilawan juga dengan balasan surat Nomor : 046/RED/AGM/2021 tertanggal 30/04/2021.

Nuroni selaku kuasa hukum oknum ustad AS, yang ditemui awak media ini, bersama beberapa rekan tergabung di organisasi SMSI di rumah pribadinya sekaligus sebagai kantornya berada di desa Datar Duyung Kecaman Arga Makmur, menerangkan bahwa pihaknya hanya menjalankan profesi guna menyampaikan aspirasi keberatan dari kliennya atas pemberitaan yang dilakukan oleh Media Online Kilasbengkulu.com dan Media online Penarakyat.id, dengan berbagai keberatan yang sudah tertera dalam surat yang disampaikan sebelumnya.

“Kami menerima kuasa untuk menyampaikan keberatan klien kami terhadap pemberitaan dua media online itu, kami selaku advokat tentunya menindakalnjutinya. Saya akui, klien kami mendatangi kami ketika pemberitaan ini sudah berlangsung. Karena ada surat kuasa, maka kami melayangkan somasi terhadap dua media ini. Saya akui pihak kami belum pernah mengirimkan surat permohonan klarifikasi dan permintaan hak jawab, sebelumnya terhadap kedua media tersebut,” jelas Nuroni.

Menanggapi hal ini, baik Pimpinan Media Online KilasBengkulu.com Edi Yanto dan Roni selaku pimpinan Media Online Penarakyat.id, ketika dikonfirmasi terkait surat balasan somasi yang mereka lakukan kepada pihak oknum ustadz As, menerangkan. Kedua pimpinan ini mengaku, menerima surat somasi pada Kamis 29 Apr 2021, dimana setelah melalui kajian yang mendalam bersama penasehat hukumnya, menyimpulkan apa yang dilakukan oleh oknum Ustadz As bersama kuasa hukumnya, dinilai sudah terkesan Mendiskreditkan produk jurnalistiik. Dalam hal ini, apa yang dilakukan oleh oknum Ustadz  berinisial As tersebut, tidak berdasar. Mengingat, produk jurnalistik yang di terbitkan kedua media ini ditandaskan sudah sesuai dengan kaedah Jurnalistik dengan merujuk Undang-undang Pers Nomor 40 Tahun 1999.

“Setelah kami pelajari isi somasi dari kuasa hukum oknum ustad AS, kami menilai ada dugaan berupaya mencoba untuk Mendiskreditkan produk pihak media atau jurnalistik. Pasalnya, didalam somasi ini oknum ustad AS yang sudah mengakui pernah melakukan hubungan badan atau Perzinahan, dengan CDK terhadap Kapolsek Air Besi, melalui kuasa hukumnya mempermasalahkan gambar kliennya tidak di blur menurut kami tidak memahami kode etik jurnalis karena menurut kami oknum ustadz AS bukanlah anak dibawah umur, sehingga tidak ada arahan maupun larangan untuk penerbitan gambar. Kemudian, mengenai benar atau tidaknya kasus dugaan persetubuhan, yang sudah diakuinya terhadap Kapolsek Air Besi saat di minta bantuan untuk menyelesaikan permasalah sebelum adanya laporan kasus dugaan pemerasan atau perampasan yang dilakukan CDK dan UJ ke APH, tentu itu bukan kapasitas kami untuk pembuktiannya. Kami sifatnya, hanya penulis, berdasarkan data, fakta serta hasil wawancara dan pengakuan dari berbagai narasumber yang ada.  Sehingga, kami pun siap melayani oknum ustad AS melalui kuasa hukumnya, pertama dengan cara membalas surat somasi yang sudah di terima sembari mengkaji lebih dalam dugaan upaya melakukan Mendiskreditkan Pers oleh oknum Ustad AS tersebut,” tutup Edi dan Roni.

Editor : Redaksi.

Baca Juga

Didugaan Anggaran Dana Covid-19 Di Desa Bengkulu Selatan Mark-Up, Oknum Pejabat DPKAD Ikut Jualan Masker Dan hand Sanitizer

Laporan: Erwan Musidi Kamis, 5 Agustus 2021 Kilas Bengkulu, Selatan – Kegiatan penangan covid di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *