DINKES BENGKULU SELATAN GENCAR SOSIALISASI PROGRAM ISI PIRINGKU

Laporan : Erwan Mursidi

Selasa, 22 Oktober 2019

Kilas, Bengkulu Selatan – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bengkulu Selatan Provinsi Bengkulu, kini mulai kampanyekan Program Isi Piringku, yang disarankan Kemenkes RI. Sebab saat ini kata Empat Sehat Lima Sempurna sudah usang dan tidak relevan lagi.

“Konsep ini sudah dimulai dari tahun kemarin. Sekarang ini pola makan tidak lagi empat sehat lima sempurna. Sekarang ini yang penting adalah bahwa kita lebih banyak makan sayur dan buah -buahan,” ujar Kepala Dinkes Bengkulu Selatan, M. Redwan Arif, sambil menunjukkan kotak makan siangnya yang bergambarkan Isi Piringku.

Dalam konsep Isi Piringku yakni mengkonsumsi sayur dan buah – buahan ialah sebesar setengah piring. Sedangkan sisanya baru untuk nasi dan lauk pauk. Tujuannya, yakni salah satunya untuk menja gizi hingga terhindarkan dari Stunting.

“Dalam Isi Piringku ini, ada bahan makanan pokok, kemudian ini adalah lauk pauknya, dan di sini buah – buahan. Jadi yang lebih banyak buah dan sayur agar supaya kita bisa menjadi lebih sehat. Lebih jelasnya, 2/3 piring untuk makanan pokok dan 1/3 nya untuk lauk pauk,” terang Redwan.

Konsep ini tentunya lebih jelas dan sehat untuk masyarakat saat ini. Sebab dalam konsep Empat Sehat Lima Sempurna yang tidak pernah disertakan informasi jumlah yang harus dikonsumsi dalam sehari.

Disamping itu lanjut Redwan isi piringku juga dengan membawa botol minuman atau tidak mengkonsumsi air mineral kemasan. Pihaknya juga gencar mensosialisasikan Germas (Gerakan Masyarakat untuk Hidup Sehat).

“Gerakan masyarakat untuk hidup sehat yang saat ini indikatornya ada tiga, yakni olahraga setiap hari minimal 30 menit, kemudian makan sayur dan buah -buahan, kemudian yang ketiga adalah periksakan diri secara berkala, dengan tim kesehatan terdekat” tandasnya

Editor : Redaksi

Baca Juga

KPUD KAUR ADAKAN LAUNCHING PEMILUKADA MASKOT 2020 GURITA

Laporan: Tasman.P Sabtu 14 Desember  2019 Kilas Bengkulu Kaur – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *