Ketua DPRD Lebong Pantau Langsung Derita Warga Akibat Bencana Banjir, Ini Instruksinya terhadap Dinas Terkait

Laporan: Edwar Mulfen

Rabu, 26 Oktober 2022

Kilas Bengkulu, Lebong – Ketua dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) kabupaten Lebong provinsi Bengkulu, Carles Ronsen, meninjau langsung beberapa titik lokasi bencana banjir  yang terdampak di salahsatu wilayah Kecamatan Uram Jaya, sekitar pukul 21 : 17 Wib, malam rabu (25/10/2022).

Banjir tersebut akibat dampak intensitas curah hujan tinggi yang terjadi mulai sore hingga malam hari, menyebabkan beberapa aliran sungai dan air lahan persawahan warga meluap masuk ke pemukiman masyarakat.

Mendapat informasi tersebut ketua DPRD kabupaten Lebong, Carles Ronsen, bersama dinas terkait bertindak cepat memantau kondisinya secara langsung dilapangan. Melalui sambungan seluler teleponnya, Rabu pagi (26/10), mengatakan, terjadi musibah banjir di beberapa wilayah Bumi swarang Patang, malam tadi.

Karena kabupaten Lebong secara geografis dikelilingi oleh pegunungan dan memiliki kekayaan sumber daya alam (SDA), serta sumber air yang cukup melimpah dengan anak – anak sungai, tentu berdampak positif dan  miliki kelemahan seperti rawan bencana alam, baik itu banjir, tanah longsor, pohon tumbang karena angin kencang serta rawan akan bencana gempa.

Untuk itu kita berharap kepada pemkab Lebong melalui dinas terkait agar dapat medata dan segera mencari solusi daerah-daerah yang tergolong rawan bencana atau menjadi langganan bencana alam, ketika cuaca tidak bersahabat seperti musim penghujan saat ini, mengakibatkan banjir sehingga merugikan masyarakat, baik itu sektor pertanian maupun perumahan warga,’ ungkap Carles Ronsen, ketua DPRD kabupaten Lebong.

Lanjut Carles,  kemaren hingga malam rabu (24/10), salah satu wilayah yang terdampak banjitlr cukup serius (agak Parah-red) yakni kecamatan Uram Jaya. Banjir yang mengepung di kecamatan tersebut lebih kurang setinggi 1,5 M, untuk  mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan pemkab Lebong melalui  Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), terlihat selalu siap siaga dan sigap merespon serta mengevakuasi masyarakat yang terdampak

Tim Pemkab Lebong terlihat sangat Sigap bahkan langsung turun ke lapangan guna meninjau dan membantu masyarakat saat bencana banjir di daerah kecamatan Uram Jaya. Tim, TRC juga membantu untuk evakuasi puluhan siswa SMPN 01 dan SMKN 01 di wilayah Uram Jaya,” tutur Carles

Atas nama lembaga dewan perwakilan rakyat (DPRD) kabupaten Lebong kami mengapresiasi setinggi-tingginya atas sikap tanggap cepat yang telah diambil dan dilakukan TRC BPBD Lebong dalam menangani berbagai musibah yang kita hadapi di bumi swarang Patang stumang yang sama-sama kita cintai ini.

Atas nama lembaga mewakili masyarakat kabupaten Lebong kami  mengapresiasi setinggi-tingginya dan mengucapkan terimakasih kasih atas dedikasi yang dilakukan oleh TRC BPBD kabupaten Lebong dimana selalu siap siaga dalam menangani berbagai musibah yang kita alami di tanah kelahiran yang sama-sama kita cintai ini. Kami juga mengimbau kepada masyarakat agar tetap melakukan siaga bencana, khawatir cuaca ekstrem masih akan terjadi di wilayah Kabupaten Lebong kedepannya. Terutama untuk beberapa wilayah rawan banjir dan longsor,” tandas ketua DPRD kabupaten Lebong, Carles Ronsen.

Editor : Redaksi.

Baca Juga

Pertengahan 2024 DPRD BU Rapat Pariurna Penyampaian LKPJ Bupati tahun 2023

Laporan : Ariyon Suswanto Senin, 20 Mei 2024 Kilas, Bengkulu Utara – Dewan Perwakilan Rakyat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *