Peduli Sampah DI BU Bupati Mian Berhasil Resmikan Pengelolaan Sampah Bersama Dirjen, Disini Lokasinya

Laporan : Edi Yanto

Selasa, 23 Maret 2021

Kilas Bengkulu, Utara – Hari Peduli sampah nasional 2021, pemerintah terus melakukan pemanfaatan berbagai hal dalam meningkatkan perekonomian masyarat. Salahsatu yang dilakukan pemerintahan kabupaten Bengkulu Utara, provinsi Bengkulu, era Bupati Ir H. Mian, dalam pemanfaatan
sampah untuk bahan baku ekonomi dimasa pandemi Covid-19.

Usai mendapatkan bantuan pusat Pemkab BU, melakukan peresmian fasilitas pusat daur ulang (PDU) Samapah. Kesempatan ini tidak disia-siakan pihak Pemerintahan Kabupabaten Bengkulu Utara provinsi Bengkulu, melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH)  melakukan Zoom Meeting dengan pihak dirjen kementerian, dalam Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Beracun Berbahaya (PSLB3), pada hari Selasa (22/03/2021)

Turut hadir Zoom Meeting bersama dirjen kementerian PSLB3 ini diantaranya Bupati, Sekda, KLHK, DLH, BKAD, Kepala Dinas PUPR, kepala Desa Rama Agung, Kepala Desa Air Merah, perwakilan Camat Kota, Kecamatan Arma Jaya, dan Ujang Solihin sidik, SSi, MSC, PLT kasubdit Sarana dan prasarana Diretorat Dirjen pengelolaan Sampah.

Lokasi pusat daur ulang sampah bantuan pusat yang diresmikan bersama dirjen terletak di desa Air Merah Kecamatan Arma Jaya, bersama Dirjen Kementerian (PSLB3), Rosa Vivien Ratnawati, SH, MSD, yang di komando secara langsung Bupati Ir.H.Mian bersama Kepala Dinas Lingkungan Hidup Bengkulu Utara, Ir.Alfian MM, bersama pihak lainnya.

Salahsatu keuntungan Pengelolaan Sampah yang ada di desa Air Merah ini, akan mengurangi Beban penumpukan sampah yang ada di TPA desa Rama agung, karena akan dikelola untuk  kompos pupuk dan sebagainya, sehingga daerah kedepanya akan mendapat keuntungan atau PAD dari sampah itu sendiri yang selama ini belum dapat dimanfaatkan,” jelas Bupati Ir.H.Mian

“Bantuan tempat daur ulang sampah dari pemerintahan pusat ini, hasil jerih payah semua pihak dalam melobi ke pusat, kini sudah kita jalani. Semoga kedepan beban sampah yang di TPA akan berkurang dan dapat dimanfaatkan peningkatan perekonomian masyarakat. Saya juga menyarankan kepada pihak DLH untuk berkoordinasi dengan pengepul-pengempul sampah, untuk membentuk bank/rekening sampah. Sampah ini juga dapat dimanfaatkan menjadi kompos dan pupuk, sehingga peluang penambahan PAD cukup besar dari sampah tersebut jika dikelola dengan baik. Bahkan Pesan dari Ibu dirjen tadi ini harus dapat dimanfaatkan dengan baik,” tutup Bupati Ir.H.Mian.

Editor : Redaksi.

Baca Juga

Kondisi Sakit Nuki Dinyatakan Hilang Warga Kabupaten Kaur Sepekan Belum Pulang, Ini Harapan Keluarganya

Laporan.Tasman.P Sabtu, 10 April 2021 Kilas Bengkulu, Kaur – Seorang remaja bernama Nuki bin Ahmad …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *