BUPATI GUSNAN DI UNDANG WARGA, ATAS KEBERHASILAN PROGRAM BUDIDAYA IKAN PATIN

Laporan : Erwan Mursidi

Kamis, 19 Desember 2019

Kilas Bengkulu Selatan – Bupati Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) Provinsi Bengkulu, Gusnan Mulyadi, menghadiri undangan warga masyarakat Desa Darat Sawah, Kecamatan Seginim dalam panen perdana ikan patin, yang di programkan Pemkab Bengkulu Selatan, digagas oleh Bupati secara langsung.

Kedatangan Bupati Gusnan, dan di sambut antusias warga yang hadir. Pasalnya, warga setempat gembira dengan keberhasilan mereka membudidayakan bibit ikan patin, sebagai Program kolam Percontohan pada Tahun 2018 lalu. Sebagai wujud rasa syukur itu, mereka sengaja mengundang Bupati Gusman untuk panen perdana, sekaligus pesta makan masakan olahan ikan patin, pada hari Kamis (19/12/2019).

Budidaya ikan patin di Desa Darat Sawah, ini merupakan paket bantuan pemerintah di bidang perikanan melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Bengkulu Selatan. Bantuan tersebut dimaksudkan untuk membuktikan bahwa ikan patin cocok dibudidayakan di daerah Kabupaten Bengkulu Selatan(BS).

“Ini dia hasilnya. Dari bibit awal 5 ribu ekor, plus pakan 3 ton, diperkirakan bisa mendapatkan hasil lebih dari 3 ton,” kata Ketua Pokdakan Harapan Makmur Maryon Sudarmin.

Lanjut Maryon, sebelumnya ada tiga kelompok perkolam di Kecamatan Seginim mendapat bantuan benih ikan patin dari Dinas Perikanan dan Kelautan Bengkulu Selatan, yakni Pokdakan Harapan Makmur, Semoga Jaya dan Hamparan Bendungan Selepa. Masing – masing mendapatkan bantuan benih ikan patin sebanyak 5 ribu ekor untuk dibudidayakan.

“Hasilnya, ternyata sangat memuaskan, pertumbuhan ikan patin di Bengkulu Selatan lebih baik dan cepat. Terbukti baru sekitar 3,5 bulan sudah bisa dipanen dengan berat mencapai 7 ons per ekor. Lebih cepat pertumbuhannya dengan daerah lain yang saya ketahui,” ujarnya.

Sementara Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi mengaku optimis bahwa ikan Patin di Bengkulu Selatan dapat maju dan berkembang lebih baik. Apalagi di tahun 2020 mendatang Pemkab Bengkulu Selatan, mengucurkan dana untuk pengembangan budidaya ikan Patin.

“Insaallah tahun depan kita suport lagi. Kita sudah memulai dan tidak akan mundur, ini sudah membuktikan bahwa ikan Patin di Bengkulu Selatan dapat masuk ke ranah industri kedepan nantinya,”  Katanya.

Disamping itu Bupati Gusnan berharap seluruh pihak dan sektor pemerintahan baik eksekutif maupun legislatif mendukung kemajuan budidaya ikan Patin di Bengkulu Selatan, hal ini dapat dilihat dari
hasil panen Pokdakan Harapan Makmur menjadi bukti bahwa budidaya Ikan Patin di Bengkulu Selatan sangat cocok. Bahkan hasilnya lebih baik.

“Lihat saja ini baru 3,5 bulan sudah bisa dikonsumsi atau dijual. Maka dari itu mari kita budidayakan ikan Patin. Selain dapat meningkatkan perekonomian. Makan ikan Patin juga sehat dan baik untuk tubuh,” ajaknya.

Editor: Redaksi

Baca Juga

Menghadiri Upacara Hari Kesaktian Pancasila, Ini Penjelasan Unsur Pimpinan DPRD Bengkulu Selatan

Laporan : Edwar Mursidi  Kamis, 1 Oktober 2020 Kilas Benngkulu, Selatan – Unsur pimpinan DPRD …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *