MELAHIRKAN 3 ANAK KEMBAR, BIAYA PERSALINAN DIBANTU PEMKAB BS

Laporan : Erwan Mursidi

Jum’at, 4 Oktober 2019

Kilas, Bengkulu Selatan – Seorang ibu rumah tangga kabupaten Bengkulu selatan Provinsi Bengkulu, melahirkan bayi kembar tiga, di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Hasanuddin Damrah (HD) kota Manna. Kelahiran bayi tersebut mengundang perhatian serius dari Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi. Sebagai bentuk perhatian pemerintah Bengkulu Selatan melalui Kepala Dinas Kesehatan dan RSUD HD, menggratiskan biaya perawatan tiga bayi kembar selama berada di rumah sakit.

Kebijakan spontan Bupati dan pemkab Bengkulu selatan menggratiskan biaya perawatan tiga bayi kembar ini lantaran dirinya menerima laporan bahwa keluarga pasangan suami istri, Dito Haryanto dan Opi Daya, warga Padang Gilang Desa Padang Pandan selaku orang tua dari bayi kembar tiga itu berasal dari keluarga yang kurang mampu.

“Secara spontan, dengan hati naluri sebagai seorang bapak dari anak – anak, kita menyadari untuk membiayai kelahiran anak satu orang saja butuh biaya yang lumayan besar, apalagi ini melahirkan bayi kembar tiga. Saya sudah instruksikan kepada Kadis Dinkes dan Direktur RSUD agar menggratiskan semua biaya perawatan bayi di RSUD itu,” kata Bupati Gusnan.

Kepada keluarga, Gusnan mengucapkan selamat atas kelahiran bayi kembar tiganya. Gusnan mendo’akan, semoga bayi selalu sehat dan bisa menjadi kebanggaan orang tua serta menjadi anak yang saleh dan saleha.

“Bayi kembar tiga tersebut dua laki – laki satu perempuan, merupakan peristiwa yang langka di kabupaten Bengkulu Selatan. Keluarga sang bayi patut bersyukur. Selamat bahagia buat Bapak Dito Haryanto dan Ibu Opi Daya,” kata bupati Gusnan kembali.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Bengkulu Selatan, M Redhwan Arif menyampaikan, bahwa pasca operasi caesar, berjalan dengan lancar. Ibu beserta tiga orang bayinya dalam keadaan sehat dan serta selamat.

“Untuk pasien (ibu) bayi menggunakan BPJS. Tapi ketiga bayinya itu belum ada BPJS. Makanya atas petunjuk bapak bupati, biaya perawatan bayi dan biaya lainnya, yang tidak masuk dalam tanggungan BPJS akan dibebaskan pihak kita, saya sudah koordinasikan dengan direktur RSUD,” jelas Redhwan.

Lanjut Redhwan nantinya, setelah pulang ke rumah, perkembangan dan kondisi kesehatan bayi tetap akan dipantau Dinas Kesehatan melalui Puskesmas Kayu Kunyit.

Opi Daya, ibu dari 3 bayi kembar tersebut melahirkan pada hari kamis (3/10/2019) sekira pukul 11.00 WIB di RSUD Hasanudin Damrah, kota Manna Kabupaten Bengkulu Selatan. Melalui operasi caesar, proses kelahiran bayi kembar tersebut ditangani oleh dr. Darsono, Sp.OG. Ketiga bayi itu diberi nama Ardian, Afrian dan Athika oleh orang tuanya.

Editor : Redaksi

Baca Juga

DINKES BENGKULU SELATAN GENCAR SOSIALISASI PROGRAM ISI PIRINGKU

Laporan : Erwan Mursidi Selasa, 22 Oktober 2019 Kilas, Bengkulu Selatan – Dinas Kesehatan (Dinkes) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *