PEMKAB BENGKULU SELATAN DORONG SEGINIM DAN KEDURANG KEMBALI MENJADI LUMBUNG PADI

Laporan: Edwar Mursidi

Senen, 13 Januari 2020

Kilas Bengkulu Selatan – Guna mengembalikan masa kejayaan Kecamatan Seginim dan Kedurang sebagai wilayah lumbung padi di Kabupaten Bengkulu Selatan Provinsi Bengkulu. Pemkab Bengkulu Selatan gencar meningkatkan sarana dan prasarana pertanian di wilayah tersebut.

“Untuk mengembalikan Seginim dan Kedurang menjadi lumbung padi kembali, upaya kita salah satunya dengan memperbaiki saluran irigasi dari sejumlah sungai atau bendungan yang mengairi ribuan hektare sawah di Kecamatan Seginim dan Kedurang. Serta di sejumlah wilayah lainnya. Tujuannya hanya satu mengembalikan Seginim dan Kedurang sebagai lumbung padi di Bengkulu Selatan,” kata Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi.

Orang nomor satu di Bengkulu Selatan ini bahkan tidak segan untuk turun langsung meninjau kondisi saluran irigasi di beberapa wilayah yang dilaporkan oleh para petani mengalami kesulitan air. Seperti yang dilakukan Gusnan pada Minggu (12/1/2020) lalu.

“Ya, kita tinjau langsung proses pengerukan. Alhamdulillah pasca dikeruk kembali saluran irigasi tepatnya di Bendungan Selepah, Kecamatan Seginim. Saluran irigasi di wilayah itu airnya sudah normal kembali. Dengan melihat langsung bersama dinas teknis saya jadi tahu bagaimana kondisi saluran irigasi dan solusinya,” ungkap Gusnan.

Di tempat terpisah, Salinnudin, Ketua Poktan Seri Mekar, Desa Keban Jati mengaku sangat berterima kasih kepada pihak Pemkab Bengkulu Selatan yang sudah merespon cepat atas keluhan – keluhan para petani di wilayah Kecamatan Seginim dan Air Nipis yang terancam gagal panen lantaran kekurangan pasokan air.

“Khususnya kepada pak Bupati kami sangat berterima kasih karena sudah mau turun langsung memantau dan melihat serta segera mencarikan solusi atas keluhan kami para petani. Semoga tujuan mengembalikan lumbung padi dapat tercapai,” ungkapnya.

Sementara itu, Camat Seginim Mardalena M.Si mengatakan pasca dikeruk dan dan diperbaiki saluran irigasi di Bendungan Selepah, Kecamatan Seginim. Pasokan air ribuan hektar sawah masyarakat saat ini sudah mengalir dengan baik.

“Sudah kami cek saluran airnya, sudah mengalir dengan baik. Alhamdulillah semoga Seginim kembali jadi lumbung padi. Begitu juga dengan wilayah lainnya. Dengan catatan kolaborasi antara petani dan pemerintah tetap terjalin dengan baik,” pungkasnya.

Editor: Redaksi

Baca Juga

Perlu Perhatian Bupati Mian Arsyla Jantung Bocor Belum dirujuk Ke Jakarta, Ini Penyebabnya

Laporan: Edi Yanto Sabtu, 18 Januari 2020 Kilas Bengkulu Utara -Pasangan Erix Victori dan Dwi Maryanti …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *