Bengkulu Selatan Bangun Intalasi Pembuangan Limbah Tinja, Ini Kata Dinas DLH

Laporan : Erwan Mursidi

Selasa, 19 Februari 2019

Kilas, Bengkulu SelatanKepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Bengkulu Selatan, Erwin Muchsin S.Sos mengatakan, pengelolaan limbah tinja oleh pelaku usaha sedot WC selama ini diakui belum terawasi dengan maksimal, lantaran Pemkab Bengkulu Selatan belum memiliki Instalasi Pengelolaan Limbah Tinja (IPLT). Sehingga Pemkab hanya bisa melakukan imbauan agar pembuangan limbah tidak ke sungai, tetapi membuat lubang khusus.

“Rencana hingga tahun 2020, akan dibangun
Instalasi Pengelolaan Limbah Tinja (IPLT), Lahan sudah kita siapkan di Desa Padang Gilang Kecamatan Manna tepatnya tidak jauh dari TPA. Pembebasan lahan sudah dilakukan 2018 lalu,” kata Erwin.

Lanjut Erwin, pihaknya sedang mempersiapkan pembuatan Detail Engineering Design (DED). Adanya pembangunan IPLT ini, merupakan bantuan dari Kementerian PU melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Cipta Karya RI.

“Untuk anggarannya belum diketahui kapan realisasinya,  yang jelas dana tersebut bersumber dari APBN 2020. Kita hanya mempersiapkan lahan dan DED nya,” ujar Erwin.

Pengelolaan limbah tinja, bertujuan mengurangi tingkat pencemaran akibat limbah tinja, mengingat limbah tinja sangat berbahaya bagi lingkungan khususnya mempengaruhi kualitas air di Kabupaten Bengkulu Selatan.

“Manfaat pembangunan Instalasi Pengelolaan Limbah Tinja (IPLT), nantinya, limbah tinja yang diolah hingga mnejadi lumpur dapat digunakan untuk pembuatan kompos untuk budidaya pertanian. Dampak lainnya dengan adanya pengelolaan limbah tinja ini dapat meningkatkan kualitas lingkungan, khususnya kualitas air,” demikian Erwin.

Editor : Redaksi

Baca Juga

Rumah Warga Sumber Sari Kota Arga Makmur Hangus Terbakar Malam ini

Laporan : Aryon Suswanto Kamis, 29 Oktober 2020 Kilas Bengkulu, Utara –  Peristiwa kebakaran yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *