Desa Gunung Besar Tanam Cabai Setan Program Ketahanan Pangan Anggaran 2024, Ini Saran Kades

Laporan : Aryon Suswanto

Senin, 01 Juli  2024

Kilas, Bengkulu Utara – Dalam upaya melaksanakan program pemerintah pusat dan daerah untuk menjaga ketahanan pangan dan mengendalikan inflasi, Desa Gunung Besar kecamatan Arma Jaya kabupaten Bengkulu Utara provinsi Bengkulu menggelar Gerakan Tanam Cabai setan atas usulan tahap satu (1) Dana Desa anggaran tahun 2024.

Adis Edi selaku kepala Desa Gunung Besar mengatakan, program ketahanan pangan dana desa yang di usulkan masyarakat, memanfaatkan setengah hektar lahan kosong di lokasi kadun 2 untuk ditanam cabai setan sekitar 2000 bibit dengan melibatkan kelompok masyarakat.

Program ketahanan pangan usulan masyarakat dana Desa Gunung Besar tahap ke-1 tahun anggaran 2024, berupa penanaman cabe setan, dengan memanfaatkan tanah kosong yang berada di kadun 2 seluas setengah hektar. Bibit yang disiapkan sebanyak 2000  batang,” jelas Adis.

Lanjut Adis, tujuan program ketahanan hingga ke desa-desa ini, tentu untuk membantu pemerintah menekan laju inflansi akibat tingginya harga jual cabai, apalagi mendekati bulan  ramdahan dan lebaran nanti.

Saya berharap kesempatan yang diberikan pemerintah pusat maupun daerah dalam menjaga ketahanan pangan ini, hendaknya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dengan sebaik-baiknya. Kesadaran masyarakat sangat diperlukan untuk menanam, maka kebutuhan pokok setiap keluarga bisa lebih terpenuhi.

Disamping ada program pemerintah Desa masyarakat juga harus bisa memanfaatkan lahan-lahan kosong di halaman rumah masing-masing untuk menanam berbagai jenis sayuran, sebagai kebutuhan sehari-hari. Jika sudah berhasil setidaknya bisa menghemat anggaran rumah tangga kita,” tandas Adis selaku Kades Gunung Besar.

Editor : Redaksi.

Baca Juga

Sosialisasi Bahaya Narkoba di Desa Ujung Karang Benteng, IPTU Darmawel Saleh Narasumber

Laporan : Anel Yadi Selasa, 09 juli 2024 Kilas, Bengkulu Tengah –  Pemerintah desa (Pemdes) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *