Penuh Perjuangan Kungker Bupati – Kajari Lebong  Bersama Rombongan Ke Desa Sungai Lisai, Berikut Kata Kades

Laporan : Edwar Mulfen

Sabtu, 03 September 2022

Kilas Bengkulu, Lebong – Pemerintah kabupaten (Pemkab) Lebong, di era kepemimpinan Bupati Kopli Ansori – Pahrurrozi, melakukan kunjungan kerja (Kungker) ke Desa Sungai Lisai selama tiga hari dua malam, yang diagendakan dari hari Jum’at, 02  hingga minggu 04 September 2022. Dalam rangka berupaya mengentaskan kemiskinan dan pemerataan pembangunan di semua sektor bagi seluruh masyarakat Lebong, termasuk desa dan masyarakat Sungai Lisai harus dapat merasakan keadilan sebagai mana bunyi sila kelima pancasila, yakni keadilan sosial bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Sesuai agenda, pada hari Jum’at (02/09), Bupati Kopli Ansori didampingi istri, Kajari Arief Indra Kusuma, S.H, M.Hum didampingi isteri dan Pabung Lebong, Mayor Inf L.Damanik beserta rombongan menggelar Kungker ke Desa Sungai Lisai, meskipun saat ingin menuju desa setempat diguyur hujan, perjalanan kegiatan tetap berlangsung sesuai rencana atau agenda yang sudah dijadwalkan. Bakan hari pertama berjalan sukses, dan rombongan menginap hingga malam minggu (04/09/2022).

Pantau biro media ini, untuk menuju Desa Sungai Lisai rombongan Bupati bisa miliki 2 akses jalan yaitu, jalur sungai menggunakan perahu karet dan jalur darat yang melewati hutan Taman Nasional Kerinci Sebelat (TNKS), itupun transportasinya bisa dilakukan berjalan kaki atau mengunakan kendaraan motor. Karana saat rombongan Bupati berangkat disambut cuaca hujan yang menyebabkan jalan licin, sehingga tim memilih untuk berjalan kaki sembari menikmati keaslian alam hutan Taman Nasional Kerinci Sebelat (TNKS). Perjalanan panjang dan istimewa tersebut ditempuh rombongan Bupati lebih kurang 6 jam dengan jarak tempuh lebih kurang 12 KM.

Diketahui Desa Sungai Lisai merupakan desa terpencil yang berbatasan dengan madras atau Merangin Jambi yang terletak dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Sebelat (TNKS), kendati demikian secara administratif Desa Sungai Lisai merupakan bagian dari kabupaten Lebong. Untuk berkunjung ke Desa ini, ada dua akses jalan penghubung bisa melalui jalur darat dengan jarak tempuh lebih kurang 12 KM dan bisa juga melalui air atau sungai untuk jalur ini jarak tempuhnya lebih kurang 9 KM. Namun untuk keluar dari tersebut hanya dapat dilalui dengan menggunakan jalur darat saja.

Kades Sungai Lisai, Hajron Hadi, terhadap media ini, mengucapkan, terima kasih yang sebesar – besarnya kepada Bupati, Kajari, Pabung Lebong beserta rombongan, atas kunjungan dan perhatian, terhadap desa maupun masyarakatnya. Untuk sampai di desa ini tentu pak Bupati beserta isteri, Kajari beserta isteri, Pabung Lebong beserta rombongan tentu penuh perjuangan dengan berjalan kaki.

“Begilah kondisi desa kami, dimalam hari sangat gelap karena belum adanya penerangan (listrik), namun kami selalu bersyukur dan bangga menjadi bagian dari kabupaten Lebong. Kunjungan kerja Bupati beserta rombongan merupakan bentuk nyata kepedulian pemerintah daerah terhadap desa kami. Meskipun untuk sampai dikawasan terpencil ini Bupati beserta rombongan harus berjalan kaki.

Saya atas nama kades dan masyarakat Desa Sungai Lisai mengucapkan terima kasih, atas kunjungan maupun perhatian Bupati beserta isteri, Kajari beserta istrri, Pabung Lebong, maupun rombongan lainnya. Kedatangan Bupati beserta rombongan adalah penghargaan dan kehormatan bagi kami, meskipun dengan keterbatasan dan kekurangan, kami akan berusaha untuk bangkit dan bersaing di semua sektor terhadap desa – desa lain, sehingga desa kami tidak masuk dalam kategori desa terpencil atau tertinggal, hal ini akan kami sampaikan secara langsung kepada bapak Bupati besok dengan harapan  berbagai usulan atau program dapat diakomodir dan dibantu, serta menjadi skala prioritas pemerintah daerah,” jelas Hajron Hadi. (3/9/2022).

Lanjut Kades Sungai Lisai, transportasi akses jalan masuk desa ini cukup ekstrim, karena kondisinya sangat terjal dan beresiko tinggi, baik jalur air maupun darat harus dilewati oleh orang-orang yang mahir, ahli atau terbiasa. Itu pun harus berhati-hati, namun bagi wisatawan yang ingin berkunjung atau bersilahturahim ke desa kami, jika belum siap menggunakan jalur air dengan menggunakan perahu karet atau jalur darat dengan menggunakan kendaraan roda dua, alternatif terakhir dapat ditempuh dengan berjalan kaki lebih aman dan nyaman.

“Bagi yang ingin berkunjung ke Desa Sunagi Lisai kecamatan Pinang Belapis kabupaten Lebong, akses jalannya ada dua jalaur air dengan menggunakan perahu karet atau jalur darat dengan menggunakan motor roda dua, dan alternatif terakhir dengan berjalan kaki melalui jalur darat,” tandas  Hajron Kades Sungai Lisai.

Editor : Redaksi.

Baca Juga

Desa Bang Haji Kabupaten Benteng Salurkan BLT-DD Tahap Pertama 2024 Ke-20 KPM

Laporan : Anel Yadi Senin, 08. April 2024 Kilas, Bengkulu Tengah – Pemerintah desa Bang Haji kecamatan Bang Haji …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *