Ketua DPRD BU Meragukan Rencana Bupati Ir.H. Mian Terkait Masalah Ini

Laporan : Edi Yanto

Minggu, 29 Mei 2022

Kilas Bengkulu, Utara – Dalam laporan pihak eksekutif tentang pertanggungjawaban pelaksanaan anggaran pendapatan dan belanja daerah tahun 2021, sebesar Rp. 1.278.584.525.850.16 (Satu triliun dua ratus tujuh puluh delapan miliar lima ratus delapan puluh empat juta lima ratus dua puluh lima rubu enam ratus lima puluh koma enam belas rupiah), pada (25/5/2022) lalu.

Terdapat Silpa, sebesar Rp. 152.795.095.515,44 (Seratus lima puluh dua miliar tujuh ratus sembilan puluh lima juta sembilan puluh lima rubu lima ratus lima belas koma empat puluh empat Rupiah), tidak dijelaskan berada di Bank mana?, di nomor rekening mana?, dan berapa bunga uang ratusan miliar tersebut selama di simpan?

Hanya saja pada intinya Bupati kabupaten Bengkulu Utara (BU) Ir.H. Mian, pada hari Jum’at (27/95), menjelaskan,  serapan anggaran yang rendah pada masing – masing OPD, dikarenakan adanya penyesuaian APBD tahun 2021, akibat terbitnya pelaturan menteri keuangan (PMK)  Nomor 17/PMK.07/2021. Sehingga OPD baru efektif mengunakan anggaran SKPD Setelah penyesuaian APBD selesai. Maka Silpa anggaran ratusan miliar tersebut akan digunakan untuk pembangunan infrastruktur di APBD Perubahan tahun 2022.

Baca Jugahttps://kilasbengkulu.com/2022/05/27/terungkap-ratusan-miliar-anggaran-daerah-tidak-bisa-dimanfaatkan-era-bupati-ir-h-mian-ini-datanya/

Baca Juga https://kilasbengkulu.com/2022/05/27/ini-jawaban-bupati-terkait-ratusan-miliar-anggaran-tidak-bisa-dimanfaatkan-tahun-2021-pada-rapat-paripurna-dprd-bu-2022/

Terkait pernyataan Bupati ingin mengunakan anggaran silpa ratusan miliar pada tahun 2021, untuk pembangunan infrastruktur di APBD Perubahan tahun 2022, diragukan oleh Ketua DPRD BU, Sonti Bakara, S.H, bisa dilaksanakan dengan baik.

Masalah rencana Bupati  anggaran silpa ratusan milyar tersebut, digunakan untuk pembagunan infrastruktur pada APBDP, apakah bisa terkejar nantinya, karena selama ini, dana APBD murni pun memakan waktu berbulan – bulan dilaksankan oleh OPD terkait. Maka melihat dari waktu jadwal yang ada, saya meragukan rencana Bupati tersebut, apalagi di bangun jalan hotmik,” kata Sonti

Lanjut Sonti, bahwa pihaknya, sangat mendukung untuk pembagunan infrastruktur di daerah ini, namaun yang perlu diwaspadai jangan sampai saat pelaksanaan proyek nantinya, lewat waktu atau tidak sesuai dengan jadwal yang ada.

Kita sangat mendukung pembagunan infrastruktur di daerah ini. Maka saya berharap semua anggota dewan benar – benar memperdalam dan membedah raperda pertanggungjawaban Bupati itu, pada tahap – tahap rapat berikutnya,” tandas Sonti Bakara, SH.

Editor : Redaksi.

 

Baca Juga

Pertengahan 2024 DPRD BU Rapat Pariurna Penyampaian LKPJ Bupati tahun 2023

Laporan : Ariyon Suswanto Senin, 20 Mei 2024 Kilas, Bengkulu Utara – Dewan Perwakilan Rakyat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *