Memperingati HUT KE 70 Bengkulu Selatan, Lomba Rakit Merupakan Budaya lokal  Daerah, Ini Juaranya

Laporan : Erwan Mursidi

Sabtu, 9 Maret 2019

Kilas, Bengkulu SelatanMelalui Dinas pariwisata Bengkulu Selatan menggelar agenda tahunan lomba rakit di sungai air manna pada hari sabtu, (9-03-2019), Lomba ini digelar dalam rangkaian kegiatan untuk memeriakan HUT ke 70 Kabupaten Bengkulu Selatan.

Kegiatan lomba ini ramai diikuti oleh masyarakat Bengkulu Selatan, terbukti dari jumlah peserta sebanyak 58 tim dimana setiap rakit dinaiki 2 orang peserta. Jarak tempuh lomba rakit ini diperkirakan sekitar 5 KM, garis star dimulai dari bawah jembatan sungai air manna Desa batu Kuning Kecamatan Pasar manna sampai garis finishnya di muarau air manna dekat pasar bawah.

Lomba rakit ini langsung dibuka oleh plt. Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi, SE, MM, yang juga dihadiri oleh Kapolres, Dandim, Sekda,  OPD, Kepala Rutan, Kadis pariwisata Provinsi Bengkulu.

Pada Kesempatan ini bupati menyampaikan rakit merupakan salah satu alat transfortasi yang digunakan nenek moyang kita zaman dahulu bahkan sampai sekarang alat ini masih digunakan, karena ini adalah salah satu bentuk kearifan lokal warga bengkulu selatan, sehingga kita harus dapat menjaga kelestarianya.

“Untuk menjaga kelestraian transportasi rakit dalam menyebrangan aliran sungai, kita upayakan setiap tahun diadakan lomba rakit setiap tahun, kegiatan ini juga hendaknya dijadikan salah satu destinasi wisata yang harus dikembangkan sehingga dapat menarik peminat wisatawan lokal maupun luar daerah”, tutup gusnan.

Total hadiah lomba yang diperebutkan berupa uang sebesar Rp. 20 juta. Yang berhak mendapatkah hadiah berupa uang, piala dan piagam adalah juara 1, Madrasah Aliyah Negeri 1 Manna, juara 2 : Karang Taruna Bartu Kuning, Juara 3 : SMK Negeri 1 Manna, Juara Harapan I Kwarcab Pramuka Bengkulu Selatan, Juara Harapan II SMA Negeri 3 Manna, Juara Harapan III Karang Taruna Gunung Kembang, Kecamatan Manna, disamping itu seluruh peserta juga mendapatkan kupon untuk undian doorprize.

Editor : Redaksi

Baca Juga

Seluruh Penjuru Mata Angin Tokoh Masyarakat Bersatu Gaspolll Untuk Menangkan Agusrin – Imron

Laporan : Edi Yanto Senen, 19 Oktober 2020 Kilas Bengkulu, Utara – Setelah di putuskan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *