Minim Anggaran Sambut Hari Raya Nyepi, Ogoh – Ogoh Tetap Ramaikan Bengkulu Utara, Ini Kata Ketua Adat

Laporan : Edi Yanto

Kamis, 21 Februari 2019

Kilas, Bengkulu UtaraUmat Hindu di Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengku dalam menyambut hari raya Nyepi, Tahun Baru Caka 1941 yang akan jatuh pada tanggal (7/3/2019) mendatang, tetap memeriahkan Kabupaten Bengkulu Utara Kota Arga Makmur.

Lima kelompok masing – masing Ketua adat, menyambangi kediaman Pribadi ketua DPC Partai Demokrat BU, Dedy Syafroni, yang juga Caleg Dapil 1, pada hari Rabu malam (20/2), Sekitar pukul 21. 57 WIB, mengatakan, untuk sementara persiapan, serangkaian menyambut acara hari raya Nyepi tahun ini, sudah mulai berjalan, terkait dana anggaran kegiatan masih minim. Anggaran yang digunakan sementara ini dana pribadi, masing – masing adat. Jelas Gede rumaniah ketua adat Rama Agung.

Sebagai tanda penyambutan hari raya Nyepi, di Bengkulu Utara, Umat hindu daerah ini akan melakukan pawai ogoh-ogoh, seperti tahun sebelumnya, di Pura Darma Yatra Desa Rama Agung Kecamatan Kota Argamakmur, pada tanggal 4 Maret 2019.

“Berawal dari tahun sebelumnya, direncanakan festival ogoh -ogoh menjadi agenda rutin tahunan dalam menyambut hari raya Nyepi di daerah ini. Festival Ogoh – Ogoh perencanaanya akan tetap kita lakukan, bahkan akan lebih meriah dari tahun sebelumnya. Rute
Pelaksanaan Festival ogoh – ogoh pada tanggal (4/3), akan berkeliling dari desa Rama Agung melewati depan kantor Bupati dan berkumpul di alun – alun Kota Arga Makmur menampilkan Atraksi – atraksi yang memukau, hingga kembali lagi ke Desa Rama Agung,” kata masing ketua adat.

Peserta parade ogoh-ogoh tersebut akan diikuti sebanyak lima kelompok adat, yakni Banjar adat Darmeh Santi Desa Rama Agung di Ketuai oleh Gede rumaniah, Banjar adat Tirte Tegteg Desa Sumber Agung diketuai Nyoman Suirta, Banjar adat Darmayiga Desa Kuro Tidur diketuai oleh Gusti Komang Widana, Banjar adat Dewa Ayu Desa Sumber Agung diketuai oleh Gede Sake, Banjar adat Puncak Harapan Desa Tanjung Raman, diketuai oleh Nyoman Kariasa.

Lanjut ke lima ketua adat tersebut, pada tanggal 7 Maret 2019, akan dilaksanakan, Pelaksanan taur kesange, Catur prade penyepian, tutupnya.

Dedy Syafroni, selaku Ketua Partai Demokrat BU, dalam pertemuan tersebut mendukung sepenuhnya kegiatan Festival Ogoh – Ogah yang direncanakan Umat Hindu dalam memeriahkan hari Raya Nyepih yang jatu pada bulan Maret tahun ini.

“Dalam menyambut hari Raya Nyepih Umat Hindu tahun ini, di Kabupaten Bengkulu Utara, yang masih tetap ingin¬† melaksanakan Festival Ogoh – Ogoh, lebih meriah dari tahun sebelumnya, saya dukung sepenuhnya. Saya selaku Umat Islam merasakan Perbedaan itu sudah biasa. Kesatuan dan persatuan tetap sama – sama kita jaga, untuk kemajuan negara dan bangsa ini khususnya Kabupaten Bengkulu Utara, menghadapi momen – momen tahun politik ini, acara tersebut tidak di Politisi pihak – pihak yang tidak bertanggung Jawab, maka Harapan saya acara tersebut dapat berjalan dengan baik, aman dan tertif nantinya,” tutup Dedy Syafroni.

Editor : Redaksi

Baca Juga

Perjuangan Era Bupati Mian Miliaran DAK Revitalisasi Gedung SD Dan SMP Tahun 2021, Disini Peresmian Pertamanya

Laporan : Edi Yanto, Selasa, 26 Oktober 2021 Kilas Bengkulu, Utara – Pada era pemerintahan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *