Dinsos Benteng Berikan Bimtek Pemutakhiran Data Fakir Miskin Ke Aplikasi SIKS-NG Di Kecamatan Bang Haji

LLaporn : Anel Yadi

Kamis 13 Juni 2024

Kilas, Bengkulu Tengah –
Dinas Sosial kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) provinsi Bengkulu, melaksanakan bimbingan teknis (Bintek) operator atau pengisi pemutakhiran data fakir miskin di aplikasi Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Next Generation Kementerian Sosial Republik Indonesia (SIKS-NG). Pelaksanaan Bintek tersebut dibuka oleh Siswadi, SH.MH, selaku Camat kecamatan Bang Haji yang di hadiri oleh masing – masing perwakilan  12 Desa  Wilayah kerja kecamatan Bang Haji, di ruang aula rapat kantor Kecamatan Bang Haji, pada hari kamis (13/6/2924).

Edi Prayekno, dari Dinsos Benteng selaku pengelola data terpadu kesejahteraan sosial, mengatakan, pelatihan meliputi penginputan data fakir miskin warga Desa se-kecamatan Bang Haji ke sistem Data Terpadu Kesejahteraan Soisal (DTKS), maupun kepesertaan Program Bansos. SIKS-NG digunakan untuk mengelola DTKS, sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku, oleh  Kemensos didukung oleh Pemerintahan Daerah dalam melakukan verifikasi dan validasi data kemiskinan yang akurat, up to date, dan terintegrasi.

Pemutakhiran jumlah data fakir miskin sangat penting dilaksanakan di tingkat Desa, guna memastikan penanganan Fakir Miskin dalam menyalurkan bantuan sosial dari kementerian tepat sasaran, baik itu bantuan seperti PKH dan BPNT. Berdasarkan Keputusan Menteri Sosial RI Nomor 73/HUK/2024 tentang tata cara proses usulan data serta verifikasi dan validasi data terpadu Kesejahteraan Sosial, usulan bantuan sosial dan verifikasi kelayakan di laksanakan oleh desa yang di sahkan melalui musyawarah masong – maaing Desa. Bimbingan Teknis ini, akan di lakukan di semua wilayah Desa melalui kecamatan masing – masing dalam  kabupaten Bengkulu Tengah,’ jelas Edi Prayekno.

SementaraIswandi ,SH.MH, selaku Camat kexamatan Bang Haji,  didalam sambutannya mengharapkan pelaksanaan Bintek verifikasi dan validasi data fakir miskin melalui aplikasi SIKS-NG dapat di ikuti oleh para peserta  dengan sebaik dan sebenar – benarnya.

Data fakir miskin melalui aplikasi SIKS-NG yang di tetapkan melalui Musyawarah Desa, hendaknya dihadiri oleh BPD, Tokoh Masyarakat dan komponen yang ada di Desa, agar data lebih valid dan tidak lagi terjadi penerima Bansos yang tidak tepat sasaran. Dalam kesempatan ini pula kami dari kecamatan Bang Haji mengucapkan banyak terima kasih kepada  Dinas Sosial Benteng, yang begitu banyak memberikan pelajaran, penjelasan maupun informasi untuk membantu masarakat Desa dalam wilayah kecamatan Bang Haji,’ tutup Iswandi

Editor : Redaksi.

Baca Juga

Rapat Banggar DPRD BU Terkait KUA-PPAS Tahun 2025 Bersamam TAPD

Laporan : Aryon Suswanto Selasa, 16 Juli 2024 Kilas, Bengkulu Utara – DPRD kabupaten Bengkulu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *