Peduli Musibah Masyarakat Pemkab Kaur Serahkan Bantuan Terhadap Korban Kebakaran

Laporan : Buyung Rahim

Senin, 29 April 2024

Kilas, Bengkulu Kaur – Bupati kabupaten Kaur provinsi Bengkulu, H. Lismidianto, SH,MH, melalui asisten III bidang administrasi umum Sekda Kaur Ir.Herwan, M.Si, menyerahkan bantuan terhadap Upik (71 Tahun) warga desa Padang Genteng kecamatan Kaur Selatan, yang mana rumahnya hagus diamuk  si jagok merah sekitar pukul 21:10 Wib pada hari kamis (25/4/) lalu.

Berbagai Bantuan yang diserahkan Pemkab Kaur. Salah satunya berupa uang tunai sebesar Rp. 5.000.000, melalui BAZNAS, disaksikan  ketua BAZNAS, M.Masir, S.Pd, Kabid darurat BPBD, Yanto, S.Sos, Kepala Bagian Kesra Agus Supianto,S.P di, Perwakilan dari Dinas Sosial, dan  Perwakilan dari Dinas Ketahanan Pangan. Bantuan disalurkan pasa hari Jum’at (26/4/2024) Kemaren.

Melalui Camat Kaur Selatan, Renra Agung, SSTP, MPSSp, mewakili ahli musiba, mengatakan, musibah yang menimpah nenek kita, bernama Upik (71 Tahun), terjadi sekitar pukul 21:10, Wib, hari kamis (25/4) kemaren. Api dapat di padamkan berkat kekompakan masyarakat Padang Genteng, bersama TNI Polri  sekitar pukul 22:00, Wib.

Saat kejadian kebakaran, kebetulan warga masyarakat sedang berkumpul taziah di rumah yang tidak jauh dari kediaman korban Upik, sehingga api  bisa cepat dipadamkan mengunakan alat seadahnya. Penyebab kebakaran diduga berasal dari konsleting listrik, sebab sumber api  berasal dari stofkontak listrik yang berada di ruangan tamu atau tengah rumah korban.

Jumlah kerugian korban, belum dapat dipastiman, namun semua harta benda milik Upik , ludes terbakar. Mulai dari uang tunai hingga surat berharga, maupun dokumen – dokumen lain.  Alhamdulillah saat peristiwa kebakar ini, rumah dalam  keadaan kosong, sehingga tidak memakan korban jiwa,” jelas  Renra.

Camat Kaur Selatan, Renra Agung, berharap adanya dukungan dari pemerintah daerah, Masyarakat maupun pihak Swasta untuk dapat membantu meringankan beban korban, karena bangunan rumah korban tersisa  harus dirobohkan mengigat kondisi yang tersisa sudah tidak layak di renopasi akibat terbakar. Sehingga perlu diperbaiki dari titk nol kembali, harapnya.

Sementara Asisten III, bidang administrasi umum Sekda Kaur Ir.Herwan, mewakili Bupati H. Lismidianto, menyampaikan rasa prihatin dari pemerintah kabupaten Kaur, atas musibah yang menimpah Upik Sa,ad, beserta keluarga. Pemerintah daetah berharap keluarga korban tabah dan tawakal  dalam menerima cobaan, karena semua cobaan sudah menjadi ujian maupun kehendak dari Allah SWT.

Kehadiran kami dalam silaturahmi hari ini adalah sebuah bentuk kepedulian pemerintah daerah dan sebagai bentuk empati terhadap masyarakat yang tertimpah musibah kebakaran di Desa Padang Genteng kecamatan Kaur Selatan,” jelas Ir.Herwan.

Ir.Herwan, juga mengatakan, bantuan yang disalurkan pemerintah daerah melalui dinas istansi masing-masing, mungkin tidak sebanding dengan kerugian korban. Namun bantuan inj diberikan sebagai ujud perhatian pemkab Kaur .

Jika mau dibandingkan dengan kerugian yang dialami korban, tentu tidak sebanding dengan bantuan yang kita berikan. Tapi dengan bantian ini, paling tidak dapat dimanfaatkan oleh keluarga korban untuk sementara. Dalam kesempatan ini, saya menghimbau terhadap masyarakat agar selalu berhati- hati terhadap berbagai bencana, termasuk bencana kebakaran.  Hendaknya memeriksa secara berkala instalasi listrik di rumah masing – masing, mengigat beberapa kali musibah kebakaran yang di alami warga di Kaur, berkali – kali penyebabnya diduga akibat konsleting listrik,” tandas Ir.Herwan, M.Si, selaku asisten III bidang administrasi umum Sekda Kaur.

Editor : Redaksi.

Baca Juga

Pertengahan 2024 DPRD BU Rapat Pariurna Penyampaian LKPJ Bupati tahun 2023

Laporan : Ariyon Suswanto Senin, 20 Mei 2024 Kilas, Bengkulu Utara – Dewan Perwakilan Rakyat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *