Komisi 1 DPRD BU Tanggapi Keresahan SD – SMP Mengenai Surat Printah Setor TGR Dana BOS 2023 Ke Kasda

Laporan : Edi Yanto

Minggu, 10 Maret 2024

Kilas, Bengkulu Utara –  Viralnya  pemberitaan adanya dugaan penyimpangan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS), melalui surat  kepala Dinas  Pendidikan  kabupaten Bengkulu Utara (BU),  tertanggal 5  Maret 2024, untuk menindak anjuti surat Bupati Ir.H.Mian, tertanggal 26 Februari 2024 tentang tindak lanjut laporan hasil pemeriksaan BPK RI atas belanja barang dan jasa, dan belanja modal anggaran tahun 2023, untuk di setorkan oleh pihak  SD-SMP  ke rekening kas daerah (Kasda), selambat – lambatnya tanggal 29 Maret 2024.

Diduga penyebab surat tertanggal 5 Maret 2024 yang ditandatangani oleh Drs.Fahrudin, selaku kepala Dinas Pendidikan Bengkulu Utara, ada isu berbagai kepala Sekolah ingin  mengundurkan diri, membuat komisi 1 DPRD Bengkulu Utara memberikan komentar.

Melalui Ketua Komisi 1 DPRD Bengkulu Utara (BU), Hasdiansyah mengatakan, akan secepat memanggil Kepala  Sekolah SD-SMP dan pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bengkulu Utara.

Pemanggilan  kepala sekolah SD-SMP dan pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Bengkulu Utara akan secepatnya dilakukan  oleh komisi 1 DPRD BU. Pemanggilan tersebut terkait beredarnya informasi surat kepala Dinas Pendidikan Bengkulu Utara tertanggal 5 Maret 2024, hingga ada isu bebera pakepala Sekolah ingin  mengundurkan diri,”  kata ketua Komisi 1 DPRD BU, Hasdiansyah akrab di panggil Dian, melalui telepon WhatsApp (10/3/2024) malam.

Lanjut  Dian, pihaknya perlu mendapatkan penjelasan seputar surat kepala Dinas Pendidikan  BU, tertangal 5 Maret 2024, yang diduga menekan pihak kepala sekolah SD-SMP  sebagai penanggungjawab dana BOS 2023,  untuk menyetorkan  kelebihan pembayaran  temuan BPK ke kas daerah (Kasda) selambat – lambatnya tanggal 29 Maret 2024. Padahal SPJ pengunaan dana BOS  selama 1 Tahun tersebut, sudah  diveifikasi Tim Bos Diknas BU itu sendiri.

Untuk menjawab keresahan pihak kepala sekolah  SD-SMP se-Bengkulu Utara, agar informasi ini menjadi terang menerang,  Komisi 1 DPRD BU segera memanggil pihak terkait.  Menyimak dari berbagai pemberitaan  sedikit ada kejanggalan surat kepala Dinas Pendidikan  BU, tertangal 5 Maret 2024 tersebut. Jika benar setiap kepala sekolah telah membuat SPJ dana BOS tahun 2023 dan  telah selesai di verifikasi  oleh Tim Bos Diknas itu sendiri,” tandas Dian.

Editor : Redaksi.

Baca Juga

Pertengahan 2024 DPRD BU Rapat Pariurna Penyampaian LKPJ Bupati tahun 2023

Laporan : Ariyon Suswanto Senin, 20 Mei 2024 Kilas, Bengkulu Utara – Dewan Perwakilan Rakyat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *