Demi Keselamatan Warga BPBD Lebong Tebang Pohon Untuk Antisipasi Pohon Tumbang

Laporan : Edwar Mulfen

Kamis, 11 Agustus 2022

Kilas Bengkulu, Lebong – Pemerintah kabupaten Lebong provinsi Bengkulu melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), melakukan penebangan sejumlah pohon di ruas jalan provinsi, tepatnya diruas jalan talang ulu menuju arga makmur Bengkulu Utara, yang berpotensi tumbang dan mengancam keselamatan para pengguna jalan yang aktif lalu lalang di ruas jalan tersebut.

Pantauan biro media ini, penebangan sejumlah pohon yang berpotensi tumbang dan bisa mengancam keselamatan para pengemudi yang lalu lalang di ruas jalan tang ulu kecamatan Lebong Utara menuju kantor Pemda Lebong tersebut, dilakukan oleh pihak BPBD kabupaten Lebong yang dikomandoi langsung oleh Hendra selalu Kabid kesiapsiagaan BPDB setempat, didampingi analis kebencanaan, Masayu Uminil Hana dan tim reaksi cepat (TRC) kabupaten Lebong, pada hari Kamis (11/8/2022).

Dikonfirmasi pada lokasi penebangan pohon tersebut, Hendra, mengatakan, inisiatif penebangan sejumlah pohon yang berpotensi tumbang dan dapat mengancam keselamatan pengguna jalan dilakukan sebagai upaya antisipasi bencana sejak dini. Merupakan salah satu wujud kepedulian pemerintah kabupaten Lebong dalam  mengantisipasi bencana sebelum terjadi, kemungkinan-kemungkin yang dapat membahayakan masyarakat, khususnya para pengguna jalan yang aktif lalu lalang diruas jalan itu.

Seluruh pohon yang berpotensi tumbang diruas jalan ini akan kita tebang menggunakan mesin pemotong kayu. Kayu yang kita tebang akan kita serahkan kepada pemilik lahan masing – masing,” kata Hendra.

Lanjut Hendra, kabupaten Lebong merupakan daerah yang labil serta rawan bencana, seperti banjir, longsor, gempa bumi, angin kencang dan bencana pohon tumbang saat musim penghujan, untuk itu sebagai antisipasi sekaligus mengurangi resiko bencana pohon tumbang sekaligus mengurangi resiko-resiko yang tidak kita inginkan.

Kita berinisiatif menebang pohon yang dinilai berpotensi tumbang dan dapat menghambat penggunaan jalan bahkan mengancam nyawa para pengendara yang lalu lalang diruas jalan ini. Harapan kita, melaui inisiatif dan antisipasi penebangan sejumlah Pohan yang berpotensi tumbang sejak dini ini, tidak ada lagi terjadi kemacetan arus lalu lintas karena pohon tumbang, sehingga para pengguna jalan menjadi aman dan nyaman dalam berkendaran ketika melintas diruas jalan ini. Jika pun masih ada disarankan warga melopor cepat terhadap pihak kami,” tandas Hendra.

Editor : Redaksi.

Baca Juga

Terkait Data Pemkab Lebong Sosialisasi Perbup 36 tahun 2021, Berikut Penjelasan Bupati Dan Kominfo

Laporan : Edwar Mulfen Senin, 03 Oktober 2022 Kilas Bengkulu, Lebong – Pemerintah kabupaten (Pemkab) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.