Era Bupati Kopli Warga Lebong Dapat Mengakses WiFi Gratis, Ini Penjelasan Danial Kadis Kominfo

Laporan : Edwar Mulfen

Senin,13 Juni 2022

Kilas Bengkulu, Lebong – Pemerintah kabupaten (Pemkab) Lebong era Bupati Kopli Ansori, melalui Dinas komunikasi informatika statistik persandian (Kominfo-SP), memastikan 3 tower Base Transceiver Station (BTS) dan 7 titik WiFi gratis yang telah dipasang pada akhir tahun 2021 lalu disejumlah titik area publik tersebut akan di resmikan. Peresmiannya rencanakan di gelar, di kecamatan Lebong sakti Rabu (15/06/2022) lusa.

Hal itu disampaikan, Pelaksana Tugas (PLT) Kadis Kominfo-SP kabupaten Lebong, Danial Paripurna, terhadap biro media ini secara eklusif diruang kerjanya, Senin (13-06-2022).

Adapun pilot projects yang akan di resmikan, 3 tower BTS yang sudah kita bangun, terletak di taman tugu presidium kelurahan Tanjung Agung, kecamatan Lebong Atas, kelurahan Muara Aman, kecamatan Amen dan  desa suka datang kecamatan Tubei, sedangkan 7 titik WiFi gratis yang sudah di pasang, 2 unit terpasang di taman smart city Karang Nio, 1 unit di masjid Agung Sultan Abdullah, 1 unit di taman Tugu Presidium, 1 unit di halaman puskesmas muara aman, 1 unit di kantor camat Lebong sakti dan 1 unit di RSUD Lebong, beber PLT Kadis Kominfo-SP Lebong, Danial.

Lanjut Danial, dimana awalnya Lebong memiliki 18 BTS, akan tetapi belum dapat mengcover semua wilayah yang ada di kabupaten Lebong  termasuk wilayah perkantoran jalur 2, termasuk beberapa area di kecamatan Lebong Utara dan kecamatan Lebong Tengah, mengalami low signal atau sinyal lemah.

Atas dasar low signal atau sinyal lemah itu, pada bulan Agustus 2021 berkat inisiasi bapak bupati Lebong, Kopli Ansori, melakukan komunikasi dengan pihak kementerian Kominfo dan komisi I DPR-RI, untuk membangun BTS di Lebong. Dari 5 BTS yang kita usulkan, ada 3 BTS yang diakomodir, pada saat itu,” ungkap eks pejabat kemendes PDTT RI itu.

Tambah Danial, 3 tower BTS itu sudah dibangun dan 7 WiFi gratis juga sudah kita pasang. Untuk pembangunan dan pemasangan pihaknya berkerjasama dengan Telkom Indonesia pada akhir tahun 2021 lalu.

Secara efektif, baik tower maupun WiFi gratis tersebut mulai difungsikan di awal tahun 2022 ini dan masuk fase trial and error (uji coba). Setelah idul Fitri pihaknya (kominfo red) menyatakan 100% berfungsi,” jelas Danial.

Sementara itu pantauan pihak biro media ini di lapangan, sejak 3 tower BTS dibangun dan 7 pemasangan WiFi gratis tersebut, sinyal di areal blankspot sekarang sudah stabil bahkan jaringan internetnya pun sekarang sudah 4G.

Editor : Redaksi.

Baca Juga

Kebakaran Hebat Di Lebong Nyaris Hanguskan 5 Unit Rumah Warga

Laporan : Edwar Mulfen Rabu, 10 Agustus 2022. Kilas Bengkulu, Lebong – Musibah kebakaran  terjadi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.