Pemerintah Lebong Melalui Kadis DP3AP2-KB, Akui Tahun 2022 Kembali Kelolah Anggaran DAK

Laporan : Edwar Mulfen

Selasa, 26 April 2022

Kilas Bengkulu, Lebong – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Lebong, kembali akan mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) Sub Bidang Keluarga Berencana (KB) tahun anggaran 2022.

Kepala dinas DP3AP2-KB Kabupaten Lebong, Firdaus saat dikonfirmasi biro media ini diruang kerjanya menbenarkan tahun 2022 ini kembali mendapatkan dana alokasi khusus (DAK) untuk berbagai kegiatan, secara garis besarnya terbagi menjadi dua item kegiatan yakni berupa belanja barang (fisik) dan non fisik, kata kadis, Senin (25-04-2022).

Lanjut kadis, untuk fisik  berupa pengadaan kendaraan dinas roda dua (motor-red) bagi para penyuluh KB, perehapan gedung account, buku KIT siap nikah bagi para calon pengantin, buku pedoman BKB KIP.

Khusus Buku pengadaan untuk masyarakat, pertama buku KIT sebagai pedoman sebelum menikah Tujuannya untuk melakukan pencegahan terjadinya stunting dari awal nikah, sampai perencanaan memiliki anak. Kalau buku BKB jelas panduan selama membina balita. Untuk pengadaan non fisik berupa biaya operasional, pendampingan, sosialisasi/pembinaan, dan kelengkapan non fisik lainya. Biaya operasional yang dimaksud yakni mulai dari biaya operasional balai dan pulsa data bagi tim pendamping masyarakat yang tersebar disetiap desa se-kabupaten Lebong.

Untuk tim pendamping yang tersebar disetiap desa berjumlah tiga orang dari setiap desanya, satu orang dari tenaga medis (bidan), satu orang dari kader PKK dan satu orang lagi dari KB, kewajiban kita, memberikan operasional setiap bulanya terhadap tim di desa ini satu orangnya senilai Rp.100.000 berupa pulsa data,” jelas kadis.

Selain biaya operasional dan kewajiban pulsa data DP3AP2-KB, juga melaksanakan kegiatan rutin lainya, seperti pembinaan keluarga balita, remaja dan keluarga lansia, secara umum itu, untuk informasi yang lebih detail pihak media bisa konfirmasi lebih lanjut kepada kabid atau PPTK yang melaksanakan kegiatan masing – masing, tutup Kepala dinas DP3AP2-KB Kabupaten Lebong, Firdaus.

Editor : Redaksi.

Baca Juga

Pertengahan 2024 DPRD BU Rapat Pariurna Penyampaian LKPJ Bupati tahun 2023

Laporan : Ariyon Suswanto Senin, 20 Mei 2024 Kilas, Bengkulu Utara – Dewan Perwakilan Rakyat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *