Program Berhasil, Bupati Kopli Bersama Forkopimda Panen Perdana Sekaligus Menabur Benih Padi MT-II

Laporan : Edwar Mulfen

Rabu, 23 Februari 2022

Kilas Bengkulu, Lebong – Pemerintah Kabupaten Lebong, provinsi Bengkulu pada era Bupati Kopli Ansori, bersama dinas terkait terus berusaha keras untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat Lebong. Diantaranya masyarakat yang berprofesi sebagai petani khususnya bidang penggarap lahan persawahan. Langkah kongkrit yang diambil pemkab Lebong yakni melakukan sebuah terobosan besar yang selama ini musim tanam padi persawahan satu kali selama satu tahun menjadi dua kali dalam setahun.

Bukti nyata keberhasilan Bupati Kopli Ansori, merubah kebiasaan para petani persawahan Lebong melakukan Tanam satu kali menjadi 2 kali selama satu tahun, mulai terlihat saat bersama Gapoktan Tenggilang melaksanakan kegiatan panen perdana  musim tanam satu (MT-1), bertempat dilahan kelompok tani di desa Tabeak Dipoa kecamatan Lebong Sakti, Rabu (23-02-2022).

Jenis padi pada kegiatan panen perdana (MT-1) ini dikenal dengan nama varietas Ciherang. Dalam kesempatan dan rangkaian kegiatan itupula Bupati Kopli Ansori, melaksanakan penyemaian atau menabur benih padi sebagai pertanda musim tanam kedua (MT-2) dimulai.

Kesempatan ini Bupati Kopli Ansori, memberikan apresiasi kepada Kades Tabeak Dipoa dan masyarakat yang tergabung dalam Poktan Tenggilang, dimana pada saat panen perdana musim tanam satu (MT-1), telah menyiapkan dan memprogramkan secara matang pelaksanaan musim tanam kedua (MT-2). Hal itu dibuktikan dengan mempersiapkan penyemaian bibit padi untuk musim tanam kedua (MT-2). Maka ini patut menjadi contoh bagi seluruh lapisan masyarakat petani persawahan Lebong, dalam mewujudkan masyarakat Lebong  yang bahagia dan sejahtera.

Mari kita mempertahankan serta jadikan kabupaten Lebong sebagai lumbung Beras seperti sedia kala. Mari secara bersama – sama menyukseskan program musim tanam kedua (MT-2) tahun 2022, secara serentak. Jika ini dapat berjalan dengan sukses tidak menutup kemungkinan nantinya dalam satu tahun kita bisa melakukan panen padi tiga kali (MT-3) selama satu tahun. Melalui dinas pertanian dan perikanan (disperkan) kabupaten Lebong, untuk mendukung dan menyukseskan program musim tanam kedua (MT-2) sejumlah program telah disusun, mulai dari menyiapkan bibit unggul, pupuk bersubsidi, pengendalian hama, sampai alsintan dan yang lainyapun sudah dipersiapkan demi mewujudkan kesejahteraan bagi petani dan meningkatkan ekonomi masyarakat Lebong,” tandas Bupati Kopli.

Sedangkan Kepala Desa Tabeak Dipoa, Hendra Gumaman, pada kesempatan ini mengatakan, bahwa masyarakat Tabeak Dipoa siap mendukung  dan ikut menyukseskan program Pemkab Lebong untuk musim tanam kedua (MT-2). Karena selain dapat meningkatkan ekonomi masyarakat progam musim tanam kedua (MT-2) juga membawa masyarakat menjadi bahagia dan sejahtera, hal itu diyakini bisa terujud karena dengan tanam dua kali satu tahun masyarakat mendapatkan hasil berlipat ganda dari biasanya tanam padi satu kali dalam setahun, apa lagi jika bisa dilakukan tiga kali dalam satu tahun, ungkap Hendra Gumaman

Berdasarkan laporan Plt Kepala Disperkan, Hedi Parindo, di depan Bupati dan tim lainnya bahwa dari setiap hektar sawah pada MT1 menghasilkan gabah sebanyak 6 hingga 8 ton. Hal yang sama nantinya diharapkan pada MT2.

Total lahan hamparan seluas 34 hektar yang beranggotakan 31 orang, untuk jenis padinya varietas Ciherang. Terima kasih kepada Poktan Tenggilang atas dukungan sekaligus menjadi percontohan untuk Poktan yang lain. Tentu untuk menyukseskan program musim tanam kedua (MT-2) kami dari Disperkan akan terus menjadi sahabat petani, yang siap terjun langsung ke sawah. Tinggal lagi komunikasi Poktan dan Kades kepada jajaran kami dilapangan atau koordinasi langsung ke kantor Disperkan dalam pelaksanaan musim tanam kedua ( MT-2),” ungkap Plt  Disperkan Lebong, Hedi Parindo.

Pantauan biro media ini turut hadir pada kegiatan panen perdana musim tanam satu (MT-1) dan penyemaian benih padi musim tanam kedua (MT-2) tersebut diantaranya, ketua DPRD Lebong, Carles Ronsen, Kapolres Lebong, AKBP Awilzan, S.IK, Sekda Lebong, Mustrani Abidin, Danramil Lebong Utara, Kapten Info Lilik Yunardi, kepala BPS Lebong, Sahranudin, Staf Ahli Bupati Lebong, Assisten, para kepala OPD, camat, kedes dan para undangan lainnya.

Editor : Redaksi.

Baca Juga

Sosialisasi Bahaya Narkoba di Desa Ujung Karang Benteng, IPTU Darmawel Saleh Narasumber

Laporan : Anel Yadi Selasa, 09 juli 2024 Kilas, Bengkulu Tengah –  Pemerintah desa (Pemdes) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *