Pemkab BU Melalui Sekda Gelar Rakor Sensus Penduduk Secara Online 2020 Bersama BPS, Ini Pesannya

Laporan : Edi Yanto

Kamis, 13 Februari 2020

Kilas Bengkulu Utara –  Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkulu Utara (BU) Provinsi Bengkulu, bersama Badan Pusat Statistik (BPS), menggelar Rapat Koordinasi Sensus Penduduk (SP) online tahun 2020 yang berlangsung di ruang pola Setdakab Bengkulu Utara, (13/2/2020).

Dalam rapat koordinasi tersebut dipimpin langsung oleh sekretaris Daerah (Sekda) Bengkulu Utara Dr. Haryadi, SPd, MM, MSi, didampingi oleh Kepala BPS Kabupaten Bengkulu Utara, Ir Marwansyah dan Perkawakilan BPS Provinsi Bengkulu, serta dihadiri oleh seluruh kepala organisasi perngkat daerah, (OPD), Asisten, Staf ahli dan Camat se- Kabupaten Bengkulu Utara.

Usai rapat di konfirmasi awak media, Dr Haryadi, SPd, MM, MSi, menjelaskan, kesuksesan dalam melakukan pendataan penduduk tersebut, tidak lepas dari kerja sama yang baik antara Pemerintah daerah dan, seluruh elemen masyarakat serta pihak-pihak terkait lainnya. Maka dari itu, dirinya atas nama Pemkab BU, Sekda Haryadi mengimbau kepada sleuruh ASN dan seluruh elemen masyarakat BU mendukung penuh Sensus Penduduk secara online 2020.

“Sensus Penduduk online 2020 akan terlaksana dengan sukses apabila mendapat dukungan penuh dari ASN dan seluruh elemen masyarakat serta pihak – pihak terkait lainnya. Yang jelas untuk pendataan Sensus Penduduk 2020 secara online ini, saya menghimbau kepada seluruh ASN dan masyarakat ayo segera melakukan pendaftaran secara online dalam mensukseskan Sensus Penduduk 2020 ini,” Himbauan sekda

Sekda Dr. Haryadi pun berharap pelaksanan Sensus penduduk online 2020 di Kabupaten Bengkulu Utara, harus berlangsung sukses dan menghasilkan bank data yang valid. Sensus Penduduk akan bisa tercapai dengan baik, apabila para petugas mampu bersaing dan melaksanakan sinergi yang baik demi tercapainya hasil sensus yang berkualitas serta didukung seluruh elemen masyarakat, baik dari tingkat desa, kecamatan hingga kabupaten harus mendukung penuh Sensus Penduduk secara online tahun 2020 ini.

“Semoga pelaksanaan Sensus Penduduk online tahun 2020 ini, terlaksana dengan sukses dan memberikan hasil data penduduk yang baik dan bermanfaat kepada masyarakat,” tutup sekda.

Sementara Kepala BPS Bengkulu Utara, Ir Marwansyah menjelaskan, bahwa dalam mensukseskan Sensus Penduduk secara online tahun 2020 ini, terus melakukan sosialisasi mulai dari tingkat desa, kecamatan hingga Kabupaten. Apalagi untuk Sensus Penduduk tahun 2020, BPS Bengkulu Utara, ditargetkan Sensus Penduduk secara online sebesar 20 %. Namun dengan adanya dukungan dari Pemkab Bengkulu Utara dan seluruh masyarakat BU, target ini insaallah akan terlampaui.

“Secara online kita ditargetkan sebesar 20 persen, namun dilihat dari dukungan Pemkab Bengkulu Utara serta masyarakat saya yakin hal ini lebih dari 20 persen,” ujarnya.

Lanjut Marwansyah, pelaksanaan Sensus Penduduk secara online tahun 2020 hanya dilakukan 15 Februari hingga 31 Maret 2020 ini. Masyarakat BU tidak perlu khawatir akan tidak didata secara online. Karena ada juga Sensus Penduduk, secara manual dengan cara mendatangi langsung warga masyarakat. pelaksanaan nya pada bulan Juli 2020 mendatang.

Tujuan dari sensus penduduk tahun 2020 antara lain menyediakan data jumlah, distribusi, komposisi, dan karakteristik penduduk Indonesia menuju Satu Data Kependudukan Indonesia (de facto dan de jure). Selanjutnya, menyediakan parameter demografi (fertilitas, mortalitas dan migrasi) serta karakteristik penduduk lainnya untuk keperluan proyeksi penduduk dan indikator SDGs.

“Kita menyadari memang terkendala dengan jaringan internet, tidak semua desa memiliki akses ini. Tapi masyarakat tidak perlu khawatir, bahwa Sensus Penduduk tahun 2020 ini juga dilakukan secara manual, petugas kita akan turun langsung ke desa desa pada bulan Juli mendatang,” tutup Marwansyah.

Editor : Redaksi

Baca Juga

Dinsos BS Gelar Sosialisasi dan Pelatihan Verifikasi dan Validasi Data Penduduk Miskin

Laporan : Edwar Mursidi Kamis, 20 Februari 2020 Kilas Bengkulu Selatan – Diinas Sosial Kabupaten …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *