Bibit Replanting Dijamin Berkualitas Pemindahan Dana Ke Rekenig Kelompok Tani Sesuai Aturan, Ini Alasannya

Laporan : Rozi, HR

Rabu, 29 Mei 2019

Kilas, Bengkulu UtaraSuksesnya pemerintah  Kabupaten Bengkulu Utara (BU) Provinsi Bengkulu, Melalui dinas perkebunan BU membawa program replanting kebun kelapa sawit warga masyarakat di daerah ini, seharusnya patut didukung dan dibanggakan oleh semua lapisan pihak, sebab untuk mendapatkan dana hibah tersebut dari kementerian Pertanian RI tidak semudah yang kita bayangkan, karena didaerah – daerah dan provinsi – provinsi lain berebut mendapatkan program tersebut.

Maraknya pemberitaan yang beredar diberbagai media saat ini terkait replanting sawit wilayah BU, merupakan hal yang wajar saja, karena program yang tergolong  baru ini kemungkinan belum dipahami oleh berbagai pihak, seperti pemindahan dana dari anggota kelompok tani ke rekening iduk kelompok tani, termasuk teknik – teknik yang lainnya. Kata ketua kelompok tani Batu Jorong Desa Gunung Selan Asrin Efendi (29/5/2019) di Kota Arga Makmur.

“Pemindahan dana dari rekening angota kelompok tani ke rekening induk kelompok tani tersebut merupakan aturan dari kementerian pusat mengigat, menimbang dan memutuskan, agar dana itu benar – benar digunakan sesuai program replanting yang ada dan menghindari terjadinya penarikan dana secara pribadi untuk kepentingan yang lainya, sebelum program replanting itu tuntas dan sukses dikerjakan,” katanya.

Proses Dana Dan Syarat Kelompok Tani Mendapat Replanting Kebun Sawit

Lanjut Asrin, berbagai informasih yang simpang siur saat ini disebabkan ada beberapa pihak kadangkala terlalu mencurigai pihak lain terkait anggaran dana replanting tersebut digunakan untuk kepentingan pribadi padahal dalam menggeluarkan anggaran tersebut ada proses dan prosedurnya.

“Pencairan dana tersebut tidak bisa dilakukan sewenang – wenang kita, tentu ada prosedur dan fisik yang harus kita lengkapi dan data – datanya wajib dikirim, diketahui dan dilaporkan dengan pihak kementerian Pertanian RI, bagaimana
Progres perkembangan program tersebut, jika dianggap berhasil maka di lanjutkan jika tidak berhasil bisa saja dihentikan oleh pemerintah pusat”., katannya.

Plt. Kepala dinas perkebunan BU, Sasman, SP, mengatakan, seharusnya kita bersyukur satu – satunya dalam provinsi bengkulu, kabupaten Bengkulu Utara mendaptkan dana bantuan khusus program replanting kelapa sawit masyarakat.

“Alhamdulillah dalam wilayah provinsi bengkulu, kabupaten BU satu – satunya mendapatkan  program bantuan dana replanting tersebut. Kami berharap berbagai pihak untuk dapat mengawasi program tersebut, semakin banyak pihak – pihak yang mengawasi, tentu program ini nantinya bisa tepat sasaran untuk memakmurkan ekonomi masyarakat kedepannya,” kata Sasman.

Editor : Redaksi

Baca Juga

Masyarakat Berasal Dari Desa Paslon Tunggal, Dukung Kemenangan KOLOM KOSONG Pilkada Bengkulu Utara

Laporan : Edi Yanto Sabtu, 24 Oktober 2020 Kilas Bengkulu, Utara – Kali ini masyarakat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *