Bencana Tanggap Darurat Di Kerinci Jambi Berubah Status, Tim Telah Berkerja Maksimal Ucap Letkol INF Andy

Laporan : Merliyah

Minggu, 28/01/2024

Kilas, Kerinci Jambi
Tim satgas  tanggap darurat Bencana banjir dan longsor kabupaten kerinci menggelar Konferensi pers. Laporkan Data terkini  penanganan banjir dan longsor, terhitung sejak di bentuknya tim satgas penanganan bencana kabupaten kerinci pada 1 Januari 2024, hingga sore hari minggu (28/1/2024) ini.

Dari 17 Total titik banjir, masih tersisa 4 kecamatan terdampak banjir yang masih digenangi air, yaitu  kecamatan Tanco, Keliling Danau, Bukit Kerman, dan Batang Merangin. Adapun total Titik longsor sebanyak 128 titik, 125 titik longsor sudah dikerjakan dan dibersihkan.

Selaku Dansatgas tanggap darurat Kerinci, Dandim 0417, Kerinci, Letkol INF Andy Irawan, SH,  menyampaikan, terkait bantuan Sembako dan logistik, sudah disalurkan secara merata sesuai data yang diperoleh dari pihak desa masing-masing.

Bantuannya sudah disalurkan secara merata, dan di distribusikan tergantung permintaan dari data pihak desa, karena para kades lah yang mengetahui kondisi masyarakatnya, mana yang terdampak, mana yang tidak terdampak.

Bisa dipastikan tidak ada lagi desa yang tidak menerima bantuan. Hanya besaran dan jumlahnya saja yang berbeda-beda sesuai kebutuhan. Secara umum kondisi masyarakat di kabupaten kerinci sudah berjalan normal seperti biasa, dan tidak terlalu berpengaruh pada aktifitas masyarakat,”  Dandim 0417, Kerinci, Letkol INF Andy Irawan, SH.

Letkol INF Andy,  juga menyampaikan, jika Timnya sudah berusaha semaksimal mungkin dalam menjalankan tugas,  dan ia juga memohon maaf jika ada kekurangan selama ia dan tim bertugas dalam penanganan banjir dan longsor di kabupaten kerinci. Ia sangat berharap tidak ada lagi pihak yang menganggap Tim nya tidak bekerja.

Alangkah sedihnya saya, jika anggota saya masih dinilai tidak bekerja, padahal semua anggota sudah bekerja sesuai  tugas masing- masing, bahkan petugas alat berat pun sudah sampai tidur dilapangan” Tegas Andy.

Forkester BMKG Depati parbo Kerinci , menyampaikan Adapun prakiraan cuaca  hari ini yaitu terdapat  potensi terjadinya hujan dengan intensitas ringan – lebat  yang dapat disertai oleh badai petir pada sore hari.  di wilayah hulu yaitu kayu aro , gunung 7, dan akan terus berlanjut hingga tiga hari kedepan. adapun utuk cuaca hujan akan terus berlanjut hingga April nanti.

Sementara itu, Kapolres kerinci, AKBP M.mujib,  selaku Wadansatgas tanggap darurat banjir dan longsor kabupaten kerinci Menegaskan, apa yang disampaikan oleh dansatgas ialah apa yang bisa semaksimal mungkin Timnya lakukan.  Iapun berharap kepada teman-teman media agar bisa menyampaikan informasi yang positif kepada masyarakat.

Disisi lain, Pj.Bupati kerinci, Asraf, mengucapkan terimakasih banyak kepada Tim satgas  yang tetap siaga dan tanggap, bahkan ada yang sudah pindah kantor dan sampai menginap di posko.

Adapun hal-hal yang sudah dilakukan ialah,
Pemkab kerinci dan BWSS (Balai wilayah sungai Sumatera) VI , dalam waktu dekat Akan melaksanakan FGD (Forum Group Diskusi), dengan mendatangkan tokoh, dan para ahli dalam menjelaskan apa yang terjadi di kabupaten kerinci, dan langkah-langkah kedepan untuk mencegah terjadinya lagi bencana serupa.

Selain itu juga Pemkab kerinci juga akan melakukan Pembenah – pembenahan dengan membentuk Tim Pengkajian Kebutuhan pasca bencana (JITUPASNAN)

Diakhir arahannya, Pj.Bupati menutup dengan memutuskan status terbaru Tanggap darurat dikabupaten kerinci.

Dengan mengucapkan Alhamdulillah, masa tanggap darurat kita cabut dan Menurunkan status dari Tanggap darurat menjadi  Masa transisi  selama 3 bulan kedepan”. Tutup Asraf.

Terlihat hadir pada penutupan tersebut, Sekda kerinci, Zainal Efendi, BMKG, SKPD dilingkup pemkab kerinci, dan para camat di lingkup Pemkab kerinci .

Editor : Redaksi.

Baca Juga

Rapat Paripurna Internal DPRD BU  Terkait Kerja Bapemperda terhadap propemperda tahun 2024, Ini Isinya

Laporan : Edi Yanto Selasa, 27 Februari 2024 Kilas, Bengkulu Utara – Pimpinan dan anggota …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *