Koramil 407-03/TE Lakukan Pendampingan Ketahanan Pangan Budidaya Ikan Lele Sistem Bioflok Desa Taba Mutung Bengkulu Tengah

Laporan : Anel Yadi

Senin, 14 Agustus 2023

Kilas, Bengkulu Tengah – Koramil 407-03/TE, Talang Empat yang dipimpin oleh Plt Danramil Mayor Inf. Drs. Mushammid, bersama babinsa dan anggota lainnya meninjau produk unggulan budidaya Ikan Lele Sistem Bioflok hasil binaan dan kolaborasi antara Pemerintah Desa (Pemdes) Taba Mutung kecamatan Karang Tinggi kabupaten Bengkulu Tengah provinsi Bengkulu, pada hari Senin (14/8/2023).

Kita dari tim Koramil 407-03/TE hari ini, silaturahmi sekaligus meninjau produk unggulan budidaya Ikan Lele Sistem Bioflok di Desa Taba Mutung, dalam rangka berupaya meningkatkan ketahanan pangan usai masa krisis pademi Covid 19 lalu. Budi daya ikan lele sistem bioflok tidak diperlukan lahan kolam yang luas, cukup kolam buatan menggunakan bahan terpal dengan rangka bambu atau besi. Namun, dengan kualitas air yang ditingkatkan menggunakan mesin aerator yang memasok sirkulasi oksigen dalam kolam, guna memperoleh hasil yang baik nantinya,” kata Mayor Inf. Drs. Mushammid.

Lanjut Mayor Inf. Drs. Mushammid, kegiatan Koramil 407-03/TE melalui Babinsa yang ada ini merupakan untuk membantu masyarakat baik petani ikan maupun yang lainnya di wilayah desa binaan, dalam mensukseskan program swasembada pangan yang dicanangkan oleh pemerintah, ucapnya.

Sementara Erpan, selaku kepala Desa Taba Mutung,  mewakili seluruh warga masyarakat mengucapkan terimakasih sebesar – besarnya kepada Babinsa bersama Danramil 407-03/TE, yang turun secara langsung meninjau sekaligus membina budidaya Ikan Lele Sistem Bioflok tersebut.

Budidaya Ikan Lele Sistem Bioflok ini, merupakan ide Pemdes Taba Mutung. Sekarang sudah ada sebanyak 6 buah kolam yang teleh selesai di bangun. Maka perencanaannya pada awal bulan September akan dilakukan pelepasan bibit ikan, dengan sistem sebayak 5 buah kolam di kelola oleh oleh pihak Desa, 1 kolam akan dikelola dari pihak Koramil 407-03/TE, dengan harapan Komunikasi, pembinaan dan kerjasama kedua belah pihak selalu dapat terjalin nantinya,” tandas kepala Desa Taba Mutung kabupaten Bengkulu Tengah.

Editor : Redaksi.

Baca Juga

Ini Fakta Keberhasilan Program Ketahanan Pangan Desa Kebun Lebar Era Tahudin

Laporn : Anel Yadi Kamis 13 Juni 2024 Kilas, Bengkulu Tengah – Program ketahanan pangan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *