Pembangunan DD Seberang Tunggal Bengkulu Utara Berbau Korupsi Belum Mampu Buktikan perubahan Data

Laporan : Edi Yanto

Kamis, 8 Juni 2023

Kilas, Bengkulu Utara – Berdsarkan rincian penjabaran dan belanja Desa Seberang Tunggal kecamatan Batik Nau kabupaten Bengkulu Utara provinsi Bengkulu tahun anggaran 2023, terdapat dana transper sebesar Rp. 996. 211. 880,00.

Dari anggaran tersebut di bagi menjadi belanja bidang penyelengaraan pemerintah Desa sebesar Rp. 377. 673. 080,00, belanja bidang pelaksanaan pembangunan Desa sebesar Rp. 315. 001. 332, 00, Belanja bidang pembinaan kemasyarakatan Rp. 44. 616. 600,00, Belanja bidang penanggulangan bencana darurat dan mendesak Rp. 167. 726.150,00, dengan jumlah belanja Rp. 1.054. 989. 912,00, yang artinya surplus atau defisit sebesar Rp. 58. 778. 032,00. Rincian penjabaran dan belanja Desa Seberang Tunggal kecamatan Batik Nau di tandatangan kepala Desa atas nama Peri Wijaya Bersama sekretaris Desa Ariyantoni, pada tanggal 12 April 2023 lalu.

Terkait dana sub bidang pekerjaan umum dan penataan ruang pembangunan/rehabilitas/peningkatan/pengerasan jalan desa sebesar Rp. 227.053.600,00, yang sama dengan RAB gambar pembangunan jalan rabat beto, seharusnya pakai Galian 0.05 tinggi di atas galian 0.10 artinya ketebalan dari galian hingga atas 0.15 CM, dengan lebar 2 Meter sepanjang 415 Meter yang di cor secara full. RAB tersebut di tanda tangan kepala desa bersa konsultan atas nama Riki Aprino, ST.

Investigasi awak media ini terkait pembangunan jalan rabat beton Desa Seberang Tunggal kecamatan Batik Nau pada hari Rabu (31/5), terdapat beberapa kejangalan kegiatan pelaksanaan di lapangan. Mulai dari jalan rabat beton tersebut di buat sistem dua jalur tidak sesuai gambar, tidak adanya galian saat pengecoran, kurang ada Batu Split saat Pengecoran, tidak adanya papan penguman atau pemberitahuan pekerjaan.

Dari keterangan kepala desa, Peri Wijaya, saat berada di lokasi pekerjaan mengatakaan, penyebab tidak dilakukan pengalian, hanya di cor atas permukaan tanah atau koral, di sebabkan kondisi tanah yang keras di musim kemarau, bahkan jika mau di buat sesuai dengan gambar pacak tejual kebun karetnya. Kuat dugaan
Pembangunan Dana Desa (DD) desa Seberang Tunggal berbau Korupsi mulai dari pekerjaan dan Pencairan Tahap Pertama.

Terbaru kepala Desa mengatakan, pelaksanaan pembangunan Dana Desa (DD) seberang Tunggal tahap pertama sudah di cek dan di Audit oleh pendamping Desa maupun pihak kecamatan Batik Nau, yang di hadiri beberapa pihak.

Sebelumnya ketua BPD dan Sekretaris Desa (Sekdes) Desa Seberang Tunggal, Silpi Oktoviani bersama Ariyantoni, terhadap media ini mengatakan, pihaknya tidak dilibatkan terkait pembangunan jalan rabat beton sepanjang 415 Meter tersebut, bahkan kades tidak pernah berkoordinasi saat mulai pelaksanaan, bahkan sampai saat ini belum ada musyawarah perubahan gambar maupun RAB, jika pun ada perubahan Gambar dan RAB, itu kemungkinan permainan pak Kades dan konsultan.

Hingga berita ini di terbitkan  kembali kepala Desa bersama Konsultan diharapkan dapat menunjukan bukti perubahan gambar mau pun RAB, ternyata bulum juga dapat di Buktikan oleh keduanya.

Editor : Redaksi.

Baca Juga

Setelah Haryadi Giliran Arie Kembalikan Formulir Penjaringan Bacalon Bupati BU Ke DPC Partai Gerindra

Laporan : Aryon Suswanto Jum’at, 17 Mei 2024 Kilas, Bengkulu utara – Sebelumnya tim Dr.Haryadi, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *