Tahapan Pemilu 2024 Sudah Dimulai, Bawaslu Bengkulu Utara Sosialisasi Pengawasan

Laporan : Edi Yanto

Selasa, 20 September 2022

Kilas Bengkulu, Utara – Sehubungan telah berjalannya tahapan pemilihan umum (Pemilu) tahun 2024 pihak Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) kabupaten Bengkulu Utara (BU) provinsi Bengkulu, mulai melaksanakan sosialisasi pengawasan pemilu.

Sosialisasi pihak Bawaslu BU ini dibuktikan dengan mengundang berbagai pihak termasuk berbagai awak media online melalui surat undangan nomor : 049/PM.00.05/09/2022. Pelaksanaan “Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif,” tersebut, dilaksanakan di Sawah Resto Arga Makmur pada pukul 08:35 Wib, hari Selasa (20/9/2022)

Sosialisasi ini dihadiri langsung oleh ketua Bawaslu BU Titin Sumarni, SH, bersama anggota bagian Penindakan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Tugiran,M.Pd, Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Tri Suyanto, SE, maupun staf dan pihak undangan pimpinan berbagai redaksi media online.

Pelaksanaan sosialisasi ini, berdasarkan amanat Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, Bawaslu Kabupaten bertugas, berwenang dan berkewajiban mengawasi seluruh tahapan Penyelenggaraan Pemilihan Umum di wilayah Kabupaten dalam hal berlangsungnya tahapan pemilihan yang berintegritas dalam menjalankan tugas, pokok dan fungsi, Bawaslu Kabupaten menyusun stratetgi dan perencanaan pengawasan, pencegahan, penindakan pelanggaran dan penyelesaian sengketa,” jelas Titin Sumarni didampingi Tugiran dan Tri Suyanto.

Lanjutnya, Penyelenggaraan Pemilihan menjadi tanggung jawab Bawaslu Kabupaten, Pengawasan Pemilihan Umum dilakukan dalam rangka mewujudkan terselenggaranya pemilihan umum secara demokratis, langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil, dan berkualitas. Sehubungan dengan hal tersebut Bawaslu Kabupaten Bengkulu Utara melakukan Sosialisasi dan Implementasi Peraturan dan Non Peraturan Bawaslu kepada beberapa Instansi Pemerintah, Instansi Penegak Hukum, Badan Umum Milik Negara dan Daerah, Media Massa, Forum Kepala Desa, Forum Badan Musyawarah Desa, Persatuan Perangkat Desa Indonesia di Bengkulu Utara.

Alhamdulillah hadir dalam kesempatan ini masing-masing perwakilan atau pimpinan dari undangan sosialisasi yang membahas tentang pemilu dan demokrasi, sosialisasi dan partisipasi masyarakat, dan teknis penanganan temuan/laporan dugaan pelanggaran pemilu yang disampaikan oleh Ketua dan Anggota Bawaslu Kabupaten Bengkulu Utara.

Sosialisasi seperti ini untuk mempersiapkan pemilu 2024 sudah dua kali dilakukan, tahap pertama terkait pelaturan pemilu yang melibatkan berbagai OPD, Sementara sosialisasi hari ini melibatkan teman – teman dari berbagai media maupun adek- adek sekolah kader pengawasan partisipatif (SKPP) BU. Dalam pengawasan pemilu Merupakan tanggungjawab kita semua, agar pemilu itu dapat berjalan dengan baik, seperti harapan kita semua,” ungkap Titin Sumarni didampingi Tugiran dan Tri Suyanto.

Pantauan media ini, kegiatan sosialisasi dan implementasi Partisipatif semua pihak tersebut diakhiri dengan tanya jawab oleh peserta kegiatan sosialisasi dan implementasi peraturan dan non peraturan Bawaslu BU.

Editor : Redaksi.

Baca Juga

Terkait Data Pemkab Lebong Sosialisasi Perbup 36 tahun 2021, Berikut Penjelasan Bupati Dan Kominfo

Laporan : Edwar Mulfen Senin, 03 Oktober 2022 Kilas Bengkulu, Lebong – Pemerintah kabupaten (Pemkab) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.