KERINGAT PARA PETANI PADI BU TERBAYAR, BERIKUT PENJELASANNYA

Laporan : Aryon Siswanto

Senen, 5 Agustus 2019

Kilas, Bengkulu Utara -Terbayar sudah keringat para petani persawahan dua Desa Kabupaten Bengkulu Utara Provinsi Bengkulu, Sebab ratusan hektar sawah Kemumu dan Desa Lubuk Saung telah memasuki musim panen membuat petani merasa puas, bagai mana tidak hasi panen padi masyarakat tahun ini melimpah kalau di bandingkan tahun sebelumnya. Hal ini terlihat jelas dari raut wajah gembira Yanto (45) salah satu petani yang ada di Desa Kemumu. Dimana dalam bincang singkat wartawan awak media online, Yanto menjelaskan bahwasanya hasil panenya tahun ini membaik kalau di bandingkan dengan tahun sebelumnya.

“Alhamdulillah terbayar sudah keringat kami sebab hasi panen tahun ini membaik jika dibandingkan dengan tahun sebelumya. contohnya, saja sawah yang saya garap ini benihnya hanya 25 kg dan hasilnya tembus hampir 3 ton gabah kering dan kalau di asumsikan dengan harga gabah kering yang mencapai Rp. 4900/ kg – nya jelas kita ada untung,” ujar Yanto Senin (5/8/2019).

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hourtikultura dan Peternakan (TPHP) Kuasa Barus SPt. Mengatakan, dua daerah sentra penghasil beras, Persawahan Kemumu dan  persawahan Desa Lubuk Saung saat ini sudah memasuki musim panen. Dan kalau di lihat dari hasil yang di dapat, tahun ini membaik kalau di bandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

“Daerah – daerah sentra penghasil beras  sepertihalnya di Desa Lubuk Saung dan Kemumu saat ini sudah memasuki musim panen, hasil panenya pun melimpah kalau di bandingkan dengan tahun sebelumnya. Dan kita berharap dengan melimpahnya hasil panen ini harga beras di pasaran tidak meroket apa lagi dalam waktu dekat ini kita akan menyambut  hari raya Iduladha,” tandas Barus.

Editor : Redaksi

Baca Juga

Hewan Dilindungi Dugaan Hasil Buruan Oknum Kades Bengkulu Utara, Telah Disita Pihak Kepolisian

Laporan : Edi Yanto Jum’at, 14 Mei 2021 Kilas Bengkulu, Utara – Seorang Oknum kades …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *