Menyambut HUT Ke 70 Melalui Dinas Pariwisata Kabupaten Bengkulu Selatan Gelar Festival Ayiak Manna 1

Laporan : Erwan Mursidi

Rabu, 13 Februari 2019

Kilas, Bengkulu SelatanMemeriahkan HUT ke 70 Kabupaten Bengkulu Selatan, melalui Dinas Pariwisata (Dispar) Bengkulu Selatan akan menggelar kegiatan Festival Ayiak Manna I.

Kepala Dinas Pariwisata
Bengkulu Selatan, Drs. H. Yulian Fauzi MAP mengatakan, dalam Memeriahkan HUT ke 70, akan digelar lomba ralli rakit dan lomba tari kreasi tingkat pelajar SMA, SMK dan MA Se-Bengkulu Selatan pada kegiatan Festival Ayiak Manna I tersebut. Unuk tari kreasi digelar pada 9 Maret dengan lokasi pelaksanaan di panggung hiburan pantai Pasar Bawah. Sementara untuk ralli rakit digelar pada 10 Maret 2019.

Baca Juga : http://kilasbengkulu.com/2019/02/07/pemerintah-kabupaten-bengkulu-selatan-instruksikan-kebersihan-massal-sambut-hut-ke-70/

“Khusus ralli rakit kami juga membuka ruang untuk generasi muda dari Karang Taruna, mahasiswa dan masyarakat umum. Namun, tidak diikut sertakan dalam lomba. Sifatnya hanya partisipan saja,” terang Yulian usai berkoordinasi dengan Asisten I Setda Bengkulu Selatan, Yunizar Hasan MAP, Rabu (13/2/2019).

Lanjut Yulian, diharapkan masing-masing sekolah mengutus sebanyak 5 regu sebagai perwakilan sekolah. Satu regu berjumlah 2 orang untuk peserta lomba ralli rakit.

“Kami memfasilitasi berupa 100 unit rakit untuk para peserta lomba dari kalangan pelajar. Kalau mau buat sendiri boleh nanti kami biayai pembuatannya. Dengan catatan harus bernuansa tradisional rakitnya,” ujar Yulian.

Ditambahkannya, untuk rutenya dimulai dari Jalan Iskandar Baksir atau tepatnya di lokasi pencucian Kolombo. Finisnya, lanjut Yulian, di Muara Sungai Air Manna. Estimasi waktu tempuhnya sekitar 1,5 jam.

“Untuk finish sebenarnya masih kita survey karena ada dua pilihan. Antaranya di belakang kolam renang dan di Muara Sungai Air Manna, pantai Pasar Bawah,” beber Yulian.

Untuk lomba tari kreasi, sambung Yulian, masing-masing SMA sederajat diharapkan mengirimkan minimal satu utusan pada lomba tersebut. Kriteria tari kreasi yakni yang bernuansa tradisional.

Dinas Pariwisata Bengkulu Selatan, sudah menyiapkan hadiah berupa piala dan uang pembinaan untuk masing-masing lomba. Mulai dari juara I hingga harapan III. Selain itu juga disiapkan doorprize bagi para peserta dengan hadiah yang tidak kalah menariknya.

“Kegiatan ini didukung sepenuhnya oleh pihak Pemerintah Provinsi Bengkulu. Bahkan recananya pak Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah akan hadir pada kegiatan tersebut. Untuk diharapkan dukungan atas keikut sertaan peserta kegiatan,” ujar Yulian.

Sementara itu, Asisten I Setda Bengkulu Selatan, Yunizar Hasan MAP mengatakan, pihaknya mendukung sepenuhnya kegiatan Festival Ayiak Manna I yang akan digelar Dispar Bengkulu Selatan.

“Kita sangat mendukung kegiatan ini. Apalagi tujuannya untuk melestarikan dan mengenalkan wisata dan budaya di Bengkulu Selatan. Kami harap para peserta dari SMA sederajat dapat berpartisipasi seluruhnya. Begitu juga untuk masyarakat agar mensuport kegiatan ini dengan meramaikan kegiatan tersebut,” pungkas Yunizar.

Editor : Redaksi

Baca Juga

Pensiunan PNS Tokoh Asal SEMAKU Jadi Tim Utama Relawan KOLOM KOSONG Pilkada Bupati BU

Laporan : Edi Yanto  Selasa, 27 Oktober 2020 Kilas Bengkulu, Utara – Salah satu Pensiunan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *