Arung Jeram Potensi Wisata Bengkulu Utara

Kilas Bengkulu Utara Arung jeram menjadi wisata keluarga baru yang dibuka di Bengkulu Utara. Pembukaan perdana wisata arung jeram di kawasan Sungai Air Lais Desa Korotidur ini berlangsung Rabu (9/5) oleh Wakil Bupati Bengkulu Utara, Arie Septia Adinata, SE.

Dalam sambutannya Arie mengatakan lewat kegiatan ini diharapkan bisa lebih mengenalkan potensi wisata di Bengkulu Utara. Sebagai bukti keseriusan, pemerintah akan berupaya tahun depan menyiapkan anggaran untuk pembelian perahu karet dan perlengkapan lainya. “Jadi nanti kita tidak perlu lagi menyewa dengan daerah lain,” ujarnya.

Spot arung arung jeram ini untuk tahap awal hanya dikhususkan untuk keluarga. Rute yang ditempuh mulai dari jembatan desa Kurotidur dan finish di kawasan klaser batu di Desa Gunung Selan.

Kadis Pariwisata Bengkulu Utara, Mustarani mengatakan ke depan wisata ini akan terus dikembangkan. Sebab Bengkulu Utara tidak hanya memiliki sungai Air Lais namun masih ada beberapa spot lainnya yang tak kalah menarik. Seperti Sungai Kemumu dan Sungai Dam Air Lais. Tetapi di bagian hulu sungai dari dua spot ini tergolong spot yang extrim jadi masih dilakukan pengkajian.

“Saat ini baru satu spot saja yang baru kita coba yakni spot khusus untuk keluarga yang dimulai dari jembatan Kurotidur dan finish di kawasan klaser (pemecah batu) Gunung Selan,” terangnya.

Untuk menyukseskan program ini, pihaknya mendatangkan pemandu arung jeram dari Jawa Barat dan Lebong yang sudah berpengalaman. Sementara untuk peralatan perahu karet masih menyewa ke Kabupaten Lebong.

Olahraga arung jeram ini diikuti 163 peserta yang terdiri dari dinas dan instansi baik vertikal maupun horizontal. Jumlah tim yang turun sebanyak 26 tim dengan jarak tempuh lebih kurang 2 sampai 3 jam.

LAPORAN  : Edi Yanto.

Baca Juga

Rumah Warga Sumber Sari Kota Arga Makmur Hangus Terbakar Malam ini

Laporan : Aryon Suswanto Kamis, 29 Oktober 2020 Kilas Bengkulu, Utara –  Peristiwa kebakaran yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *