Rapat Paripurna Jawaban Eksekutif  Terkait Pandangan Umum Fraksi DPRD BU APBD Perubahan 2023

Laporan : Edi Yanto

Senin, 12 September 2023

Kilas, Bengkulu Utara – Rapat paripurna Jawaban Eksekutif  Terkait Pandangan Umum Fraksi DPRD BU tentang Perubahan APBD 2023, disampaikan wakil Bupati Arie Septia Adinata, pada hari Rabu (13/9/2023).

Rapat paripurna di pimpin ketua DPRD Bengkulu Utara, Sonti Bakara, SH, di dampingi Waka 1, Juhaili, S.IP dan Waka 2, Herliyanto, S.IP, Sekwan, Stab pejabat Sekwan, dihadiri wakil Bupati Arie Septia Adinata, di ikuti kepala OPD dan FKPD.

Wakil Bupati Arie Septia Adinata, dalam kesempatan ini mengucapkan terimakasih serta mengapresiasi sebesar – besarnya terhadap fraksi – Fraksi DPRD Bengkulu Utara telah memberikan dukungan, perhatian,  tanggapan dan saran terhadap rancangan peratuaran daerah perubahan APBD tahun 2023, sebelumnya.

Menjawab pandangan umum Fraksi Nurani Indonesia Sejahterah terkait pesta demokrasi Politik Tahun 2024, dapat disampaikan tahapan telah dimulai untuk itu  telah di ingatkatkan setiap ASN maupun pemangku jabatan tidak menjalankan politik praktis dengan azas netralitas yang di atur dalam UU nomor : 5 tahun 2014. Serta mengeluarkan edaran dan hombauan kepada seluruh prangkat daerah untuk menjaga netralitas setiap tahapan setiap pemilu atau pilkada.

Terkait pandangan umum fraksi PDIP proyeksi bertambahnya PAD pada perubahan APBD tahun 2023 sebesar Rp. Rp. 27.001. 137.000 atau 7,9 %. Dapat dijelaskan PAD pada Perubahan APBD 2023 sebelumnya di rencanakan turun sebesar 5.09% dikarenakan penurunan target pendapatan BLUD. Dengan adanya DAU berpengaruh besar terhadap postur anggaran. Terkait mengoptimalisasi pendapatan bersumber dari pajak dan retribusi telah dilakukan pemetaan. Mengenai dana infrastruktur perubahan APBD tahun 2023 dianggarkan sebesar Rp. 200.177. 841. 960 terdiri untuk gedung sebesar Rp. 89.974.437.850, jalan jaringan irigasi Rp. 110. 203. 404.110 dilaksanakan bertahap sesuai dengan kemampuan anggaran daerah.

Menjawab pandangan umum Fraksi Gerindra terkait antisipasi musim kemarau dapat di jelaslan, pemerintah daerah bersama fokopimda telah melakukan persiapan dan koordinasi terkait kesiapsiagaan menghadapi el nino sebagai langka awal untuk mengantisipasi di wilayah masing-masing kecamatan,” Ungkap Arie

Lanjut Arie, jika dari jawaban pihak eksekutif belum dapat memuaskan semua Fraksi dan anggota Dewan Bengkulu Utara, maka dapat dibahas dengan OPD yang besangkutan saat rapat di masing-masing komisi, tandasnya.

Sementara ketua DPRD Bengkulu Utara, sangat mengapresiasi semua jawaban pihak eksekutif yang cukup lengkap atas pandangan fraksi – fraksi. Jika masih ada yang perlu untuk di pertanyakan dapat melalui rapat di komisi masing-masing OPD kedepannya.

Editor : Redaksi.

Baca Juga

Ini Fakta Keberhasilan Program Ketahanan Pangan Desa Kebun Lebar Era Tahudin

Laporn : Anel Yadi Kamis 13 Juni 2024 Kilas, Bengkulu Tengah – Program ketahanan pangan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *