Era Kades Robin dan Sekdes Ibnu Maja, Musdes RKPDES Desa Datar Ruyung Prioritaskan Pembangunan Tertunda

Laporan : Edi Yanto

Juma”at, 7 Agustus 2020

Kilas Bengkulu Utara – Pemerintah desa Deatar Ruyung kecamatan Arga Makmur Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu, melaksanakan musyawarah Desa (Musdes) untuk menentukan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDESA) tahun 2021, rapat dilakukan bersama dengan Badan Permusyawaratan Desa (BPD), di kantor Desa Datar Ruyung (7/8/2020).

Musdes Rencana Kerja Pemerintahan Desa (RKPDES), Datar Ruyung 2021 ini, di pimpin langsung oleh Ketua BPD Desa Datar Ruyung Nuroni SH, di hadiri Kepala Desa Datar Ruyung Herman Robin, Kasi PMD Sudirman Atas Nama Camat Kota Arga Makmur, Kepala KUA Arga Makmur, Kepala Puskesmas Arga Makmur, Bidan Desa, Pendamping Desa dan Lokal Desa, Perangkat Desa, Anggota BPD, Perwakilan Adat, Sarak (Kerukunan Umat Beragama), PKK, Kader Posyandu, Guru Paud dan MDA, Karang Taruna, Linmas, KPM, KTD dan serta perwakilan tokoh masyarakat lainnya.

Dalam pemaparan kepala Desa Datar Ruyung, Herman Robin, mengatakan, kegiatan hari ini (7/8), adalah rapat RKPDESA untuk tahun 2021, karena sesuai aturan untuk pembahasan dan pengesahan APBDES nantinya harus melalui tahapan musdes RKPDES.

“Perlu di ketahui semua warga serta peserta musdes yang hadir hari ini, untuk program pembangunan tahun 2020, memang banyak terpangkas oleh BLT-DD Penanggulangan Covid-19 dan Pengurangan Dana Desa kita dari pusat. Maka ada kegiatan tidak bisa di laksanakan pada tahun 2020 ini. Untuk itu pada tahun 2021, kami tetap fokus serta skala prioritas pada pembangunan dan pemberdayaan yang tertunda pada tahun 2020 ini,” ungkap Selaku Kades Desa Datar Ruyung yang sering di panggil Robin.

Lanjut Robin, didalam Musdes ini, diharapkan aspirasi seluruh warga bisa tertampung dengan baik apa yang harus skala prioritas yang perlu di bangun tahun 2021, baik pembangunan fisik maupun pembangunan bidang SDM dan pemberdayaan.

“Jujur Pada tahun 2020 ini, bagi kami kepala desa dan perangkat desa menjadi sedikit sibuk dan binggung, karena setiap saat aturan terus berubah. Kita sebagai pemerintah desa tentu wajib mengikuti perintah dari pemerintah yang lebih tinggi  atau di atas pemerintah Desa. Kesempatan ini pula saya (kades red), mengucapkan terimakasih yang sebesar – besarnya kepada seluruh  masyarakat Desa Datar Ruyung, yang selalu mendukung program pemerintah Desa untuk membangun desa ini. Kedepan, mari kita tetap bergandeng tangan secara bersama – sama membangun desa ini, yang lebih baik lagi, tujuan utama nya tentu untuk kesejahteraan masyarakat desa datar ruyung itu sendiri. BLT-DD Covid-19, di desa kita sudah di salurkan sesuai dengan kriteria yang telah di tetapkan oleh pemerintah pusat maupun daerah, alhamdulillah selama penyaluran BLT-DD desa kita aman,” tutup kepala Desa Datar Ruyung.

Sementara itu Ketua BPD desa Datar Ruyung, Nurono,SH, mengatakan sebagai mitra dan fungsi kontrol pemerintah desa, pihaknya siap mendukung apa langkah-langkah dan kebijakan serta pembangunan yang di lakukan kepala desa bersama perangkat desa.

“Selagi program pemerintah desa untuk kepentingan masyarakat tetap kami dukung. Apa lagi tujuannya untuk kesejahteraan masyarakat kita sendiri. Terkait RKPDES tahun 2021 ini kami berharap pemerintah desa bisa menyusun dengan baik dan azaz manfaat bagi masyarakat, sebagai mana tadi sudah kita dengar bersama pemaparan dari Kepala Puskesmas Arga Makmur Pak Agus bahwa kita tetap fokus kesehatan masyarakat karena pandemi Covid-19 belum berakhir, desa siaga dan tanggap darurat tetap kita prioritas untuk APBDES 2021 nanti, sebab namanya musibah tidak bisa kita sangka-sangka. Untuk itu kami menghimbau tim penyusun wajib mencermati dengan baik, sesuai dengan aturan yang ada serta usulan masyarakat,” ujar Nuroni.

Sekretaris Desa Datar Ruyung selaku ketua RKPDES, Ibnu Majah Amd. Kom, mengatakan, kami bersama tim akan bekerja sesuai dengan aturan yang ada dan regulasi yang ada, kami menyusun nantinya melihat anggaran yang ada, kami targetkan sebelum 30 September penyusunan RKPDES Desa Datar Ruyung tahun 2021 selesai dan di sahkan mejadi peraturan desa tentang RKPDESA tahu  2021.

“Saya berharap dalam penyusunan RKPDES ini masyarakat, BPD dan tokoh masyarakat dan tokoh pemuda di desa kita saling bersinergi sebab dalam APBDES 2021 nanti pengajuannya wajib masuk pada RKPDESA tahun 2021 ujar sekdes yang juga menjabat Ketua PPDI Provinsi Bengkulu dan Tokoh Muda Pekal. (ADV)

Editor: Redaksi

Baca Juga

Ketua DPC Partai Gerindra BU, Ucapkan Selamat Atas Diangkatnya Susi Marleny Bachsin Jadi Pengurus DPP

Laporan : Edi Yanto  Minggu,20 September 2020 Kilas Bengkulu Utara – Partai Gerindra telah mengumumkan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *