ERA BRIGJEN POL SUPRATMAN PUTRA ASLI BENGKULU, POLDA NAIK TIPE A, AKAN DIPIMPIN JENDERAL BINTANG DUA

Laporan : Edi Yanto

Selasa, 15 Oktober 2019

Kilas Bengkulu  – Setelah melalui serangkaian proses diinternal Kepolisian dan Kemenpan RB, Kepolisian Daerah (POLDA) Bengkulu akhirnya naik dari tipe B ke tipe A. Dengan demikian, Polda Bengkulu akan segera dipimpin oleh Jenderal Bintang Dua, hal ini terjadi pada masa era kepemimpinan putra asli daerah provinsi bengkulu, Brigjen Pol Supratman.

“Polda Bengkulu dan Polda Sulawesi naik tipe A, pada hari senen (14/10/2019). Dengan demikian Polda Bengkulu, untuk berikutnya tentu Kapoldanya dipimpin jenderal bintang dua dan Waka Polda dipimpin jenderal bintang satu,” kata Kabid Humas Polda Bengkulu AKBP Sudarno.

Penetapan Polda Bengkulu menjadi tipe A berdasarkan Keputusan Kapolri Nomor: Kep/1964/X/2019 tanggal 14 Oktober 2019 tentang Perubahan Tipe Kepolisian Daerah Bengkulu dari Kepolisian Daerah Tipe B menjadi Kopolisian daerah Tipe A.

Dalam meningkatkan status Polda Bengkulu dari tipe B ke tipe A sebelumnya telah dilakukan oleh Polda Bengkulu sejak Polda Bengkulu dipimpin oleh Coki Manurung, Berhasil pada kepemimpinan Brigjen Pol Supratman, yang selalu didukung oleh Pemerintah Provinsi Bengkulu, dalam hal ini Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah.

Gubernur Bengkulu Dr H Rohidin Mersyah mengucapkan rasa syukurnya atas kenaikan tipe terhadap Polda Bengkulu, dari tipe B ke tipe A, karena sangat berdampak positif kepada Kemajuan Provinsi Bengkulu. Tak hanya itu, Beliau juga mengucapkan terima kasih kepada Kapolri dan juga mengucapkan selamat kepada Kapolda Bengkulu.

“Alhamdulillah, tentu ini harapan kita bersama masyarakat Bengkulu khususnya Polda Bengkulu. Tentunya kita ucapkan selamat, tentu ini berpengaruh positif bagi kemajuan di Provinsi Bengkulu. Karena tidak saja berpengaruh kepada penambahan personil, peningkatan kelas Polda tapi juga pada peningkatan anggaran Polda, posisi bergening, posisi Kordinasi ke Provinsi Tetangga juga akan menjadi setara dan ini akan juga membawa Bengkulu setara dengan Provinsi Tetangga,” ujarnya.

“Karena yang membuat Bengkulu tidak sama dengan Provinsi Tetangga yaitu salah satunya tipe Polda, Korem. Alhamdulillah juga Korem sudah disetujui menjadi bintang satu, Lanal juga yang kemaren Letkol akan dinaikan menjadi Kolonel, tentu perjuangan-perjuangan kita untuk menaikkan status kelembagaan ini sangat berdampak positif bagi kemajuan Provinsi Bengkulu, sekali lagi selamat Pak Kapolda Bengkulu terima kasih Pak Kapolri,” tutupnya

Lima alasan mengapa Polda Bengkulu harus naik dari tipe B menjadi tipe A. Pertama, Provinsi Bengkulu adalah provinsi yang memiliki sejarah besar terhadap bangsa ini, hal itu ditandai dengan Fatmawati yang merupakan Ibu Negara RI pertama merupakan putri asli Bengkulu. Dari tangan Fatmawati kemudian terjahitlah bendera pusaka merah putih yang dikibarkan pada proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia. Selain itu, Provinsi Bengkulu dalam sejarah juga menyumbang emas untuk monas di Jakarta.
Kedua, Provinsi Bengkulu adalah provinsi yang rawan sekaligus unik. Dimana, provinsi yang terbilang muda ini berbatasan dengan empat provinsi, yakni Provinsi Lampung, Provinsi Sumatera Selatan, Provinsi Jambi dan Provinsi Sumatera Barat. Ketiga, Provinsi Bengkulu adalah provinsi yang rawan bencana. Beberapa kejadian besar telah mensyaratkan Bengkulu sebagai daerah rawan bencana alam dan berpotensi tsunami. Keempat, Provinsi Bengkulu memiliki pulau terluar, yakni Pulau Enggano dan KelimaProvinsi Bengkulu memiliki analisa beban kerja (ABK) yang tinggi, dimana ada beberapa Bhabinkamtibmas membawahi satu kecamatan.

Editor : Redaksi

Baca Juga

DIDUGA WANITA PENGHIBUR SEMBUNYI ATAS PALFON KAMAR HOTEL, DIRAZIA SATPOL PP

Laporan : Erwan Mursidi Selasa, 19 November 2019 Kilas Bengkulu Selatan – Satuan Polisi Pamong …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *