ERA BUPATI GUSNAN DUKCAPIL BENGKULU SELATAN BERBENAH MENUJU LAYANAN SEHARI MESTI JADI

Laporan : Erwan Mursidi

Selasa, 17 September 2019

Kilas, Bengkulu Selatan – Sebagai pelayan masyarakat, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Bengkulu Selatan Provinsi Bengkulu, menyadari masih jauh dari sempurna dalam menjalankan tugas. Namun Dukcapil terus berbenah untuk memberikan pelayanan prima bagi masyarakat Bengkulu Selatan.

Diantara sekian banyak langkah yang diambil oleh Dukcapil Bengkulu Selatan yakni, melakukan jemput bola pelayanan administrasi kependudukan ke sekolah, desa – desa dan kecamatan. Bahkan untuk pelayanan perekaman, pembuatan dokumen kependudukan seperti pembuatan Kartu Keluarga, Kartu Identitas Anak dan Perekaman KTP, pihak Dukcapil sudah bisa melakukan cetak dokumen di lokasi layanan.

“Sekarang kita sudah bisa cetak (dokumen kependudukan) di lokasi pelayanan di desa, sekarang juga kita sudah menerapkan tanda tangan elektronik, ini menuju Dukcapil Digital untuk mewujudkan Semedi (Sehari Mesti Jadi), seperti yang di sarankan pak Bupati,” jelas Kepala Dinas Dukcapil Bengkulu Selatan, Gunawan Suryadi di sela – sela acara Sosialisasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (Gisa) dan penerapan kartu identitas anak yang digelar di Aula Kantor Camat Air Nipis, pada hari  Selasa (17/9/2019).

Ke depannya, menurut Gunawan Suryadi, pihak Dukcapil terus berbenah terutama dalam hal reformasi birokrasi di bidang pelayanan publik.

“Dukcapil berkeinginan ke depannya memberikan pelayanan prima dengan konsep pelayanan (Semedi) yang merupakan singkatan dari Sehari Mesti Jadi”.

Namun untuk memberikan pelayanan sehari mesti jadi, menurut Gunawan Suryadi perlu dukungan dari internal Aparatur Sipil Negara (ASN) di Dukcapil, Sarana dan Prasarana serta dukungan masyarakat.

“Kalau masyarakat mengurus administrasi kependudukan, kita minta agar syaratnya lengkap sehingga enak memprosesnya. Ini bagian dari peranan penting masyarakat untuk mendukung program Semedi ini,” jelas Gusnan.

Meski belum bisa dilakukan secara menyeluruh dan instan, Gunawan Suryadi mengaku akan berupaya secara bertahap memberikan pelayanan Sehari Mesti Jadi.

Sementara itu, Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi menyambut baik rencana Dukcapil untuk menerapkan program Semedi. Terkait hal ini, Bupati berpesan kepada jajaran Dukcapil agar mempersiapkan diri baik dari sisi Sumberdaya Manusia, peralatan dan fasilitas lainnya.

Pada acara sosialisasi tersebut, Bupati Bengkulu Selatan berkesempatan menyerahkan secara simbolis Kartu Keluarga, KTP, Kartu Identitas Anak dan Akta kelahiran kepada masyarakat Kecamatan Air Nipis.

Bupati juga meminta kepada Dukcapil untuk terus memberikan layanan kependudukan dengan datang ke desa – desa, sekolah dan kantor camat, dengan kata lain Jemput Bola.

Editor : Redaksi

Baca Juga

Perlu Perhatian Bupati Mian Arsyla Jantung Bocor Belum dirujuk Ke Jakarta, Ini Penyebabnya

Laporan: Edi Yanto Sabtu, 18 Januari 2020 Kilas Bengkulu Utara -Pasangan Erix Victori dan Dwi Maryanti …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *