Dinas Pertanian Pemerintahan Choirul Huda, Mampu Ekspor Gabah Impor Beras

Laporan : Putra Satria,SE

Sabtu, 26 Januari 2019

Kilas Mukomuko – Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu, Pemerintahan Bupati Choirul Huda, melalui Tanaman Pangan dan  Holtikultura (TPH) Dinas Pertanian (Distan), menjelaskan, berdasarkan hitungan statistik daerah ini telah mencapai swasembada Gabah padi.

Kepala bidang (Kabid), Tanaman Pangan Holtikultura Dinas Pertanian Mukomuko, Wahyu Hidayat, disambangi Kilasbengkulu.com pada Jum’at (25/1), mengatakan, dengan istilah  “Gabah Ekspor Beras Impor “. Pasalanya daerah ini telah mencapai swasembada Gabah, bukan swasembada Beras.

Lanjut Wahyu, saat ini kita
tidak lagi berbicara swasembada Beras, akan tetapi swasembada Gabah. Artinya produsi Gabah dari daerah ini, dilakaukan pengolahan di luar daerah. Setelah menjadi Beras, datang kemabali ke kabupaten Mukomuko ini.

Gabah kita tidak diolah di daerah ini, untuk menjadi Beras, namun diolah di luar, faktanya begitu. Itu makanya saya berbicara swasembada Gabah, bukan swasembada Beras,” tukas Wahyu Hidayat.

Menurut Wahyu kalau jenis tanaman padi itu, ada dua jenis ada Dua  jenis, yakni padi Sawah dan padi Gogo. Untuk lumbung padi sawah di Kecamatan Ipuh, Lubuk Pinang, XIV Koto dan Selagan Raya dan lainnya. Sementara padi Gogo berada di Kecamatan Malin Deman, yang tubuhnya di dataran tinggi. Lebih lanjut dia menjelaskan bidang yang ia kelola semua jenis tanaman pangan.

Kalau padi ada dua jenis yaitu padi gogo dan padi sawah,  ditergetkan 1500 hektar untuk padi gogo. Karena data statistiknya ada di sekretariat, ketika saya tanya berapa sih rata-rata per hektar, untuk musim tanam pertama 7,8 ton. Tetapi hasil itu menurun pada musim tanam ke Dua dan ke Tiga,  jika dikalkulasikan secara rata-rata 6 ton per hektar, tinggal kalikan dengan jumlah sawah yang ada. Makanya saya tidak menyatakan swasembada beras, namun dengan istila Gabah Ekspor Beres Imfor”. tutup  Wahyu Hidayat.

Editor : Redaksi

Baca Juga

Bupati Gusril Perjuangkan Dana APBN Untuk Rakyat Dinas PUPR Kaur Realisasikan Pembagunan Di Kaur Selatan

Laporan : Tasman.P Rabu, 16 september 2020 Kilas Bengkulu, Kaur– Akibat sering terjadi banjir serta …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *