Musrenbangcam Kecamatan Tetap 2023 Sarana Menagkap Aspirasi Masyarakat Meningkatkan SDM Dan Pengembangan Ekonomi

Laporan : Tasman.P

Rabu, 22 Februari 2023

Kilas, Bengkulu Kaur – Camat Kecamatan Tetap kabupaten Kaur provinsi Bengkulu, Darmanuddin, S.Sos, menghadiri dan membuka secara langsung acara Musrenbang tingkat Kecamatan (Musrenbangcam) di Kecamatan Tetap, sekitar pukul 08:00, WIB, bertempat di Aula gedung  Kecamatan Tetap, hari rabu (22/2/2023).

Musrenbangcam tahun anggaran 2023 ini, mempunyai  Skala Prioritas di Bidang membagun sumberdaya manusia (SDM) dan mendorong kemajuan Ekonomi, berbasis kreativtas dan inovasi sebagai kekuatan baru. Maka di ambil tema “Mendorong Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia, Pengembangan Ekonomi Kreativ, Iplek dan Inovasi” untuk terujudnya kabupaten Kaur yang bersih, sejahtera, enerjik dan religius dengan pemerintahan profesional serta berkeadilan. Kegiatan tersebut dihadiri oleh pihak Bappeda, Litbang, DPUPR, Dinas Kesehatan, Dinas Pertanian, Dinas Sosial, Dinas Pedidikan, Dinas Parawisata, Dinas  Perkim, Kapolsek Kaur Selatan, Danramil Benkulu Selatan-Kaur, seluruh Kepala Desa, Ketua  anggota BPD se-kecamatan Tetap, Camat dan seluruh stab se-kecamatan Tetap.

Camat kecamatan Tetap  Darmanuddin, mengatakan bahwa Musrenbang Tingkat Kecamatan Tetap ini, bertujuan untuk menyerap semua Aspirasi Warga Masyarakat Khususnya di Wilayah Kecamatan Tetap, dengan mencakup beberapa prinsip perencanaan pembangunan daerah. Musrenbangcam juga merupakan  forum musyawarah antar pemangku kepentingan untuk membahas dan menyepakati langkah-langkah penanganan program kegiatan prioritas yang tercantum dalam daftar usulan rencana kegiatan pembangunan Desa atau Kelurahan yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan daerah Kota wilayah Kecamatan dan Desa atau Kelurahan.

Saya ucapkan selamat datang dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh undangan yang datang di acara Musrenbangcam Kecamatan Tetap hari ini. Musrenbangcan ini, tentu untuk menyerap semua Aspirasi Warga Masyarakat Khususnya di wilayah kecamatan Tetap, dengan mencakup beberapa prinsip perencanaan pembangunan daerah. Merupakan satu kesatuan dalam sistem perencanaan pembangunan nasional, Dilakukan Pemerintah Daerah bersama para pemangku kepentingan berdasarkan peran dan kewenangan masing – masing, maupun Mengintegrasikan rencana tata ruang dengan rencana Pembangunan Daerah berdasarkan kondisi dan potensi yang dimiliki Daerah, sesuai dinamika perkembangan Daerah,” kata Darmanuddin.

Lanjut Camat, dirinya baru sekitar dua bulan, ditugaskan sebagai camat kecamatan Tetap, tentu belum bisa menunjukkan prestasi dan kinerja. Maka dalam Musrenbangcam kali ini, perlu menyerap semua aspirasi warga masyarakat khususnya di Wilayah Kecamatan Tetap.

Berdasarkan pantauan saya dalam dua bulan ini, sangat perlu dilakukan pembangunan berbagai bidang, baik terkait infrastruktur, Pertanian, Parawisata dan jaringan air bersih. Semenjak berdirinya kantor Kecamat Tetap ternyata hingga hari ini belum memiliki pasilitas air bersih, setiap hari kebutuhan air di angkut dari luar, termasuk pasilitas kantor yang belum memadai. Mustahil kita bisa bekerja dengan maksimal jika tidak didukung dengan fasilitas yang memadai, namun kita tetap berusaha bekerja secara maksimal untuk melayani warga masyarakat,” tandasnya.

Dari pantauan awak media online kilasbengkulu.com, dari awal hinga ahir acara musranbangcam di kecamatan Tetap ini berjalan dengan lancar. Bahkan dari berbagai pihak agar segera menyampaikan usulan dan proposal kegiatan prioritas pembangunan diwilayah masing-masing, khususnya di KecamatanTetap. Hasil yang ingin dicapai dalam pelaksanaan Murenbangcam tersebut tentu untuk menyusun rekapitulasi usulan kegiatan Desa atau Kelurahan berdasarkan bidang dan kegiatan, serta ditetapkannya usulan prioritas hasil Musrenbangdes berdasarkan kriteria layak dan rencana pembiayaan serta dibahas dan disepakatinya daftar peringkat usulan prioritas berdasarkan bidang dan kegiatan untuk Perencanaan Pembangunan sebagai bahan pedoman pembangunan kedepan sehinga mudah akan di laksanakn oleh pemerintah daerah Kaur.

Editor : Redaksi.

Baca Juga

Ini Fakta Keberhasilan Program Ketahanan Pangan Desa Kebun Lebar Era Tahudin

Laporn : Anel Yadi Kamis 13 Juni 2024 Kilas, Bengkulu Tengah – Program ketahanan pangan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *