Setiap Bulan Posyandu Cemara Desa Pagar Agung Di Benteng Beri PMT Terhada Ibu Hamil Dan Balita

Laporan : Anel Yadi

Kamis 15 Agustus 2024

Kilas, Bengkulu Tengah – Pemerintah Desa Pagar Agung kecamatan Merigi Sakti kabupaten Bengkulu Tengah perovisi Bengkulu melaksanakan program Pemberian Makanan Tambahan (PMT), terhadap anak – anak serta bayi di Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu). Program ini bertujuan untuk menjaga kesehatan bayi dan balita, memastikan tumbuh kembang sesuai dengan umurnya, dan mencegah stunting. Pelaksanaan kegiatan  hari kamis  (15/08/ 2024).

Kepala desa Pagar Agung Rudi Hartono, mengatakan stunting adalah kondisi terhambatnya pertumbuhan anak karena kekurangan gizi dalam waktu 1000 hari kehidupan pertama atau selama 3 tahun. Sehingga perlu diatasi secara bersama, baik itu institusi pemerintah, tim kesehatan dan Pos Pelayanan Keluarga Berencana – Pelayanan Terpadu (Posyandu) untuk mencukupi gizi dengan program Pemberian Makanan Tambahan (PMT).

Kegiatan ini merupakan bentuk perhatian khusus pemerintah pusat yang direalisasikan melalui daerah sampai ke pelosok Desa terhadap ibu-ibu hamil, anak – anak serta bayi maupun lansia tentu untuk memenuhi kebutuhan gizi yang dibutuhkan oleh mereka,” jelas Rudi Hartono.

Lanjut Rudi Hartono, data penerima Pemberian Makanan Tambahan (PMT), di Desa Pagar Agung kecamatan Merigi Sakti kabupaten Bengkulu Tengah, yaitu ibu hamil 2 orang dan balita 22 orang. Kegiatan rutin ini dilaksanakan setiap bulan, dari awal bulan Januari tahun 2024 hingga  agustus  telah terlaksana sebanyak 8 kali. Dalam menjalankan program Pemberian Makanan Tambahan (PMT) Bergizi ini, tentu Ibu-ibu Kader – kader Posyandu Cemara Desa Pagar Agung menjadi ujung tombak pelaksana dilapangan dan berperan dalam memastikan kegiatan dapat berjalan lancar serta dapat memberikan manfaat bagi ibu-ibu hamil maupun balita yang membutuhkan.

Menu yang disajikan Posyandu Cemara Desa Pagar Agung pada kegiatan PMT setiap bulannya cukup beragam dan bergizi, seperti telur, susu, bubur kacang hijau maupun yang lainnya, dibuat sesuai dengan ketersediaan bahan di daerah. Semua menu tersebut dipilih dengan pertimbangan gizi yang diperlukan oleh ibu hamil dan balita. Dengan adanya program PMT ini, diharapkan kesehatan Balita maupun ibu hamil Desa Pagar Agung dapat terus terjaga hingga memberikan manfaat yang maksimal bagi masyarakat,” tandas Rudi Hartono.

Editor : Redaksi.

Baca Juga

Rapat Paripurna DPRD BU Periode 2024-2029, Ini Ketua Masing-masing Tujuh Fraksi  Dewan

Laporan : Edi Yanto Rabu, 18 September 2024 Kilas, Bengkulu Utara – Dewan Perwakilan Rakyat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *