Pimpinan DPRD BU Hadiri Simulasi Polres Antisipasi Gangguan Kamtibmas Pilkada 2024

Laporan  : Aryon Suswanto

Kamis, 15 Agustus 2024

Kilas, Bengkulu Utara – Polres Bengkulu Utara(BU) Polda provinsi Bengkulu melaksanakan kegiatan Simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispam Kota) dalam rangka menghadapi Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2024. Kegiatan berlangsung di jalan Ir.Moh Yamin mako mapolres Bengkulu Utara hari Kamis, (15/8/2024)

Acara Sispam Kota tingkat kabupeten ini, dihadiri oleh  Dirreskrimus Polda Bengkulu Kombespol I Wayan Riko Setiawan, S.I.K,M.H, Kabid Humas Polda Bengkulu Kombespol Anuardi,S.I.K,M.H  Selaku Ketua Tim I Pamatwil, Asistensi Wilkum Polres BU, Kapolres BU AKBP Lambe P Birana, S.I.K,M.H, Kabag Ops Polres BU AKP Bintoro Thio Pratama, S.I.K., M.H, Herliyanto, S.IP, selaku Waka 2 DPRD BU, OPD, KPU, Bawaslu, Dinas dan Instansi serta PJU Polres dan Kapolsek Jajaran Polres Bengkulu Utara, maupun pihak undangan lainnya.

AKBP Lambe P Birana, selaku Kapolres BU dalam arahannya mengatakan, dalam rangka  menghadapi pemilihan umum Kepala Daerah (Pemilukada) serentak 2024, Polres Bengkulu Utara Polda Bengkulu, melaksanakan simulasi Tactical Floor Game (TFG) di Lapangan North Raflessia Bengkulu Utara. Kegiatan ini disaksikan langsung oleh Ketua Tim I Pamatwil dan Asistensi Wilkum Polres Bengkulu Utara bersama Jajaran yang ada.

Kegiatan Tactical Floor Game (TFG) merupakan tahapan manajerial pengamanan yang menggambarkan bagaimana operasi kepolisian yang akan digelar dengan sandi Operasi Mantap Praja 2024. Hal ini dilaksanakan untuk melatih, respon dalam menghadapi segala situasi dan ancaman yang memungkinkan terjadi selama tahapan pemilu berlangsung. Ucapnya

Lanjut AKBP Lambe P Birana, Polres Bengkulu Utara mempersiapkan langkah – langkah pengamanan tahapan Pemilukada 2024 bersama dengan Stake Holder terkait baik dalam Situasi Kondusif sampai dengan Situasi Kontijens, terangnya.

Saya menghimbau kepada seluruh warga Bengkulu Utara untuk bersama-sama menjaga dan memelihara Sitkamtibmas agar kondisi Kamtibmas dalam keadaan aman, sehingga pesta demokrasi melalui Pemilukada tahun 2024 dapat terlaksana dengan aman kondusif,” hapap Kapolres.

AKP Bintoro Thio Pratama, S.I.K., M.H.,C.P.H.R Kabag OPS Polres Bengkulu Utara saat pelaksanaan  Simulasi menggambarkan kegiatan ketika kondisi pada tahapan pelaksanaan Pemilukada serentak terjadi ketidak kepuasan sekelompok massa dengan hasil pemilukada yang awalnya dalam keadaan aman, kemudian secara berangsur terjadi peningkatan eskalasi menjadi rawan dan sangat rawan.

Semua kita praktikan mulai dari adanya informasi pergerakan massa, kemudian situasi hijau, kuning dan merah, Sehingga semua personil dalam keadaan siap mulai dari personil Polres Bengkulu Utara yang melaksanakan Pam, tim negosiator, hingga tim tindak dalam bentuk penegakan hukum, sehingga personil di lapangan mengetahui  apa tugasnya masing – masing dan tindakan yang harus di lakukan,” tutur AKP Bintoro Thio.

Editor : Redaksi

Baca Juga

Mau Nonton Serunya Bola Voly Hadir Di Turnaman HUT Karang Taruna Desa Bajak II Benteng Ke-17 Tahun 2024, Ini Kata Kades Ajis Ran

Laporan : Anel Yadi Senin, 15 September 2024 Kilas, Bengkulu Tengah – Memperingati hari ulang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *