Tahap Ke Dua Cair, Dana Desa Di BU 2023 Diduga Ladang Korupsi, Tidak Ada Perubahan Gambar Maupun RAB Kata Warga

Laporan : Edi Yanto

Selasa, 19 September 2023

KilasBengkulu Utara – Setelah usai merealisasikan Anggaran Dana Desa (DD) tahap pertama, pemerintah Desa Seberang Tunggal kecamatan Batik Nau kabupaten Bengkulu Utara mengajukan pencairan dana tahap ke dua, bahkan informasi masyarakat setempat yang tidak mau di tulis namanya, telah di cairkan pihak pemerintah daerah, namun belum direalisasikan pihak pemerintah Desa.

Sementara mantan Sekdes Desa setempat mengatakan, sepengetahuannya, mulai dari pengajuan anggaran, hingga selesai pelaksanaan pekerjaan jalan rabat beton tahap pertama, tidak adanya perubahan gambar, maupun RAB serta jumlah anggaran. Namun tidak mengetahui setelah adanya publikasi permasalahan fisik di lakukan perubahan secara diam – diam oleh oknum atau pihak – pihak tertentu.

Sampai pada terakhir masa jabatan saya sebagai sekdes di Desa Seberang Tunggal, rasanya tidak ada pengajuan perubahan RAB, baik dari kepala Desa maupun dari konsultannya. Jika ada perubahan secara diam-diam oleh oknum tertentu, tentu saya tidak tau menau,” ungkap mantan Sekdes.

Sementara dipublikasikan sebelumnya oleh pihak media ini, rincian penjabaran dan belanja Desa Seberang Tunggal kecamatan Batik Nau kabupaten Bengkulu Utara provinsi Bengkulu tahun anggaran 2023, terdapat dana transper sebesar Rp. 996. 211. 880,00.

Dari anggaran tersebut di bagi menjadi belanja bidang penyelengaraan pemerintah Desa sebesar Rp. 377. 673. 080,00, belanja bidang pelaksanaan pembangunan Desa sebesar Rp. 315. 001. 332, 00, Belanja bidang pembinaan kemasyarakatan Rp. 44. 616. 600,00, Belanja bidang penanggulangan bencana darurat dan mendesak Rp. 167. 726.150,00, dengan jumlah belanja Rp. 1.054. 989. 912,00, yang artinya surplus atau defisit sebesar Rp. 58. 778. 032,00. Rincian penjabaran dan belanja Desa Seberang Tunggal kecamatan Batik Nau di tandatangan kepala Desa atas nama Peri Wijaya Bersama sekretaris Desa Ariyantoni, pada tanggal 12 April 2023 lalu.

Terkait dana sub bidang pekerjaan umum dan penataan ruang pembangunan/rehabilitas/peningkatan/pengerasan jalan desa sebesar Rp. 227.053.600,00, dengan RAB gambar pembangunan jalan rabat beton seharusnya pakai Galian 0.05 tinggi di atas galian 0.10 artinya ketebalan dari galian hingga atas 0.15 CM, dengan lebar 2 Meter sepanjang 415 Meter yang di cor secara full. RAB tersebut di tanda tangan kepala desa bersa konsultan atas nama Riki Aprino, ST.

Investigasi awak media ini, ketika itu, pembangunan jalan rabat beton Desa Seberang Tunggal kecamatan Batik Nau pada hari Rabu (31/5), terdapat beberapa kejangalan kegiatan pelaksanaan di lapangan. Mulai dari jalan rabat beton tersebut di buat sistem dua jalur tidak sesuai gambar, tidak adanya galian saat pengecoran, kurang ada Batu Split saat Pengecoran, tidak adanya papan penguman atau pemberitahuan pekerjaan.

Sementara dari keterangan kepala desa, Peri Wijaya, di lokasi pekerjaan mengatakaan, penyebab tidak dilakukan pengalian, hanya di cor atas permukaan tanah atau koral, di sebabkan kondisi tanah yang keras di musim kemarau, bahkan jika mau di buat sesuai dengan gambar pacak tejual kebun karetnya. Kuat dugaan
Pembangunan Dana Desa (DD) desa Seberang Tunggal berbau Korupsi mulai dari pekerjaan dan Pencairan Tahap Pertama. Pelaksanaan pembangunan Dana Desa (DD) seberang Tunggal tahap pertama sudah di cek dan di Audit oleh pendamping Desa maupun pihak kecamatan Batik Nau, yang di hadiri beberapa pihak.

Ketua BPD dan Sekretaris Desa (Sekdes) Desa Seberang Tunggal, Silpi Oktoviani bersama Ariyantoni, terhadap media ini mengatakan, pihaknya tidak dilibatkan terkait pembangunan jalan rabat beton sepanjang 415 Meter tersebut, bahkan kades tidak pernah berkoordinasi saat mulai pelaksanaan, bahkan sampai saat ini belum ada musyawarah perubahan gambar maupun RAB, jika pun ada perubahan Gambar dan RAB, itu kemungkinan permainan pak Kades dan konsultan.

Hingga berita ini di terbitkan  kembali kepala Desa bersama Konsultan diharapkan dapat menunjukan bukti perubahan gambar mau pun RAB, ternyata bulum juga dapat di Buktikan oleh keduanya.

Editor : Redaksi.

Baca Juga

Prabowo Intruksikan Terhadap Kader Gerindra Benteng Menangkan Paslon Bupati Rachmat – Tarmizi Pilkada 2024

Laporan : Anel Yadi Sabtu, 7 September 2024 Kilas, Bengkulu – H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *