Era Bupati Kopli Tim Reaksi Cepat, BPBD Lebong Sapu Bersih Material Longsor

Laporan : Edwar Mulfen

Minggu, 17 April 2022

Kilas Bengkulu, Lebong – Tanah longsor mengakibatkan tertutupnya akses jalan, kembali terjadi di Kabupaten Lebong provinsi Bengkulu. Bencana tanah longsor tersebut terjadi di dua titik, yang berlokasi di ruas jalan penghubung desa Tambang Sawah dan desa Ketenong, kecamatan Pinang Belapis, pada sabtu, (16/04/2022).

Ruas  jalan penghubung Desa Tambang Sawah dan Desa ketenong  tersebut, sempat tertutup  material longsor  sepanjang 10 meter, dengan ketebalan  mencapai 3-5 Meter.

Kepala pelaksana BPBD kabupaten Lebong, Fahrurrozi. S.Sos, melalui kepala bidang pencegahan dan kesiapsiagaan, Hendra, terhadap biro media ini membenarkan peristiwa tanah longsor di dua titik tersebut, bahkan ia mengatakan untuk mengevakuasi dan membersihkan material longsor itu, pihaknya telah menurunkan 20 0rang personil tim reaksi cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah(BPBD) kabupaten Lebong.

Penanganan atau pembersihan material longsor di dua titik yang sempat menutupi badan jalan tersebut dilaksanakan secara gotong royong bersama TNI, POLRI, Dinas PUPR, Pihak Kecamatan, dan warga setempat. Alhamdulillah dengan menggunakan alat berat dari Dinas PUPR-P kabupaten Lebong, sekitar Pukul 11.30 Wib, tadi  semua sudah kita bereskan dan kondisi jalan sudah normal kembali” ujar  Hendra.

Ditambahkannya, intensitas  hujan cukup tinggi diduga menjadi penyebab tanah longsor. Pihaknya sekarang, tengah mengantisipasi kemungkinan  longsor susulan, mengingat kontur tanah sekitar  cukup rawan.

Jika intensitas dan Curah hujan masih tinggi, kemungkinan terjadinya    longsor susulan cukup tinggi. Sebab, ada 4 titik yang kita nilai cukup rawan. Untuk langkah lanjutan, kita  koordinasikan dulu ke atasan,”kata Hendra.

Meskipun tidak ada korban, ia minta masyarakat yang menuju  arah Pinang Belapis dan sebaliknya harus tetap  waspada mengingat kondisi jalan masih licin karena sisa material longsor.tandasnya.

Editor : Redaksi.

Baca Juga

Polres Benteng Lakukan Pengawalan Dan Pengamanan Distribusi Logistik Pemilu 2024 Di 15 Desa Kecamatan Merigi Sakti

Laporan : Anel Yadi Senin 12 Febuari 2024) Kilas, Bengkulu Tengah – Dalam rangka pesta …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *