Era Bupati Mian Bengkulu Utara Jadi Contoh Se- Provinsi Bengkulu, Berikut Penjelasannya

Laporan: Edi Yanto

Rabu, 15 Januari 2020

Kilas Bengkulu Utara – Kerja keras era Bupati Ir.H.Mian, Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara, dalam mewujudkan tata kelola pemerintah yang baik dan akuntabel, Alhamdulillah Pemkab Bengkulu Utara ditunjuk sebagai kabupaten percontohan implementasi Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP) se- Provinsi Bengkulu.

Melewati sejumlah penilaian atau Quality Assurance (QA) tim Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara berhasil sebagai pionir pencapaian maturitas level 3, dalam penerapan SPIP BPKP se-Provinsi Bengkulu.

Sertifikat level tiga SPIP tersebut juga diberikan atas penilaian kapabilitas dan kerja keras di seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) dalam lingkup Pemkab Bengkulu Utara. Atas pencapaian tersebut, Bupati Bengkulu Utara Ir.H.Mian mengucapkan terima kasih kepada Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu beserta jajaran atas kerjasamanya dalam upaya mendukung Pemkab Bengkulu Utara untuk meningkatkan nominan SPIP.

“Sebagai Bupati atau kepala daerah, saya juga mengapresiasi kerja keras Tim Satlak SPIP unit kerja yang telah melakukan kegiatan penilaian risiko di unit kerja masing-masing sebagai bentuk implementasi SPIP dalam upaya mewujudkan good governance dan clean government,” jelas Bupati Mian (14/1/2020).

Lanjut Bupati Mian, kedepan dirinya meminta seluruh unit kerja wajib menerapkan SPIP secara menyeluruh melalui penyusunan perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan kinerja yang terintegrasi.

“Kedepan saya meminta seluruh unit kerja wajib menerapkan SPIP secara menyeluruh melalui penyusunan perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan kinerja yang terintegrasi. Semoga segala upaya kita berbuah baik dalam meningkatkan maturitas SPIP Bengkulu Utara dan reformasi birokrasi,” ucapnya.

Sementara Iskandar Novianto Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu menjelaskan, maturitas adalah istilah yang menunjukkan ukuran kualitas, serta kematangan atau kedewasaan dari sistem pengendalian internal pada suatu organisasi pemerintahan.

“Semakin tinggi maturitasnya, berarti semakin baik pula kualitas sistem pengendalian intern suatu organisasi dalam tataran pemerintah pusat,” singkatnya.

Lebih lanjut Iskandar Novianto mengatakan, terkait dengan beberapa prestasi yang di raih Kabupaten Bengkulu Utara salah satunya sistem pengendalian pemerintah yang sudah level tiga penerapan pengendalian SPIP.

“Untuk Provinsi Bengkulu yang kita dapatkan secara final baru dua yaitu Bengkulu Utara dan Lebong dari yang level tiga, harapannya kita inginkankan menjadi percontohan untuk daerah-daerah lainnya,”ungkapnya.

Editor: Redaksi

Baca Juga

Perlu Perhatian Bupati Mian Arsyla Jantung Bocor Belum dirujuk Ke Jakarta, Ini Penyebabnya

Laporan: Edi Yanto Sabtu, 18 Januari 2020 Kilas Bengkulu Utara -Pasangan Erix Victori dan Dwi Maryanti …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *