Anggota Komisi XX DPR-RI Fhoto bersama peserta usai acara Sosialisasi

Komisi 10 DPR RI dan LPPM IPB Adakan Pelatihan Pengembangan Buah Unggulan Indonesia

Laporan : Edi Yanto
Rabu, 18 Juli 2018

Kilas Bengkulu Utara Bertempat digedung balai pertemuan Universitas Ratu Samban Arga Makmur Kabupaten Bengkulu Utara Provinsi Bengkulu, rabu (18/7) dilaksanakan kegiatan sosialisasi pengembangan buah unggulan Indonesia yang dihadiri oleh berbagai kelompok tani (Poktan) dan mahasiswa UNRAS, dimana kegiatan ini bekerjasama dengan kementerian riset dan teknologi dan pendidikan tinggi dan pusat kajian holtikultura tropika-lembaga pelatihan dan pengabdian masyarakat dari institut pertanian Bogor (LPPM IPB).

                     Drh. Hj. Dewi Qoryati M.si Anggota DPR-RI Komisi XX Serahkan Bantuan Bibit Kepada Kelompok Tani BU

Acara ini digagas oleh Drh. Hj. Dewi Qoryati M.si Anggota DPR-RI Komisi X yang bekerja sama dengan Pusat Kajian Holtikultura Tropika (PKHT) Lembaga Pelatihan dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Insitut Pertanian Bogor (IPB), dimana Pemberi Materi Dr.Ir. Darda Effendi, M.Si, Prof.Dr.Ir.Y Aris Purwanto, M.Sc.

Dalam paparan Darda dan Aris, Berbagai buah-buahan yang dapat dikelola di indonesia ini, jika tanah dan lahan pertanian  di daerah kita dapat dikelola dengan baik dan benar, pada akhirnya dapat meningkatkan hasil pertanian dan kesejahtetaan masyarakat.

“Diharapkan dikabupaten Bengkulu Utara kedepan nya ada Buah Ungulan yang menjadi buah ciri khas dari daerah ini, sehinga daerah  luar cepat mengenal daerah ini dari segi buah ungulan kedepannya, “ tutur Dewi Qoryati

                                                    Peserta Sosialisasi mengikuti rangkaian kegiatan dengan seksama

Pada akhir acara, Drh. Hj. Dewi Qoryati M.Si Anggota DPR RI Komisi X dan Dr. Ir. Darda Effendi, M.Si,Prof. Dr. Ir. Y. Aris Purwanto, M.Sc. dari ITB memberikan bantuan bibit kelengkeng jenis kateki sebanyak 5 batang, bibit pepaya ungul jenis up calina sebanyak 2 bungkus yang berisi 100 benih, kedua jenis bibit ini merupakan hasil penelitian dari ITB.

Ketua kelompok tani lubuk tanjung Rodianto, selaku salah satu peserta pelatihan menjelaskan bahwasanya pelatihan ini cukup bagus sekali, untuk menambah pengetahuan dalam penanaman dan mengelola buah-buah di daerah kita, kita pun bisa mempromosi buah-buah yang ada di daerah kita.

“Kegiatan ini sangat positif dan bermanfaat sekali, dengan kegiatan ini pengetahuan kita menjadi bertambah khususnya dalam tata cara menanam dan mengelola buah-buahan dan pada akhirnya daerah kita dapat dikenal dari buah andalannya, “ ujar Rodi

Baca Juga

Diduga Ada Masalah Data 134 Orang, Pencairan BLT-DD Tahap Pertama Desa Karang Anyar 2, Besok Rapat Evaluasi

Laporan : Edi Yanto Selasa, 2 Juni 2020 Kilas Bengkulu Utara – Diduga Adanya Permasalahan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *